visitaaponce.com

Jaringan 4G Menyala di Pelosok Papua, BAKTI Kominfo Telekonferensi Dengan Johnny G. Plate

Jaringan 4G Menyala di Pelosok Papua, BAKTI Kominfo Telekonferensi Dengan Johnny G. Plate 
Petugas BAKTi Kominfo melakukan teleconference dengan Menkominfo Johnny G Plate usai mengaktifkan BTS 46 di Pegunungan Bintang, Papua(MI/Yakub P)

BADAN Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus bergerak dengan membangun base transceiver station (BTS) 4G di pelbagai wilayah Papua. 

Tim BAKTI Kominfo mendatangi langsung lokasi tower BTS di sekitar Pegunungan Bintang, Papua, Kamis (21/4). 

Tim tancap gas dengan menaiki helikopter menuju ke desa Jember, Towe, Papua. Di desa Jember, tower BTS dengan total berat 10 ton itu telah terpasang dan on air. Artinya, BTS ini bisa dinikmati warga yang berada di sekitar desa Jember. 

Di sela-sela mengecek sinyal BTS 4G yang telah terpasang, tim BAKTI Kominfo melakukan telekonferensi langsung dengan Menteri Kominfo Johnny G Plate yang ada di Jakarta. 

Tak dinyana, video call dengan Menkominfo berjalan lancar tanpa adanya kendala berarti. Johnny pun mengakui adanya tantangan-tantangan dalam proses pembangunan tower BTS 4G di pedalaman Papua. 

Pasalnya, akses menuju lokasi pemasangan BTS 4G ini cukup terjal, bahkan beberapa wilayah harus melalui helikopter. Seperti pemasangan di desa Jember, Papua. 

“Akses pakai heli. Kalau untuk barang helinya khusus karena daya angkutnya besar. Belum lagi hambatan cuaca. Memang bukan mudah tetapi tantangan itu harus dihadapi. Kita harus berhasil. Ini buktinya sudah bisa video call. Saya terima kasih sekali,” papar Johnny saat telekonferensi dengan tim BAKTI Kominfo dan warga setempat, Kamis (21/4). 

Johnny pun mengajak agar warga Papua, khususnya yang di pedalaman bisa segera bermigrasi ke era digital. 

Baca juga : Hari Kartini, BAKTI Kominfo Sebar Sinyal ke Pelosok Negeri

“Kehadiran kominfo disana untuk menghantar masyarakat Papua bermigrasi ke era digital agar secara bersama-sama dengan sahabat-sahabat dan saudara-saudara dari provinsi lain di Indonesia dan secara bersama-sama kita di Indonesia setara dan sederajat dengan bangsa-bangsa lain di dunia,” ujarnya. 

Johnny pun mengingatkan kepada Bupati dan Wali Kota di Papua agar turut ambil bagian untuk bersama-sama warganya beradaptasi dengan digitalisasi. 

“Kepada bapak Bupati Forkopimda pimpinan DPRD di sana ambil bagian di program pelatihan karena begitu dibangun itu harus dimanfaatkan. ajak milenial generasi muda kita ikut program Digital Talent Scholarship,” tuturnya. 

“Dan mama-mama, kakak-kakak semua di sana yang ikut UMKM atau kegiatan ekonomi rumah tangga untuk ikut program literasi digital agar mereka bisa di pertemukan dengan marketplace melalui platform digital,” pungkasnya. 

Diketahui, BAKTI Kominfo menargetkan  1.811 site base transceiver station (BTS) di Papua.  

“Dari 1.811 BTS target kita, terbagi di pegunungan tengah ada 1.200 site, kemudian sisanya di wilayah Jayapura dan Timika,” ujar Head of Supply Chain Management PT Infrastruktur Bisnis Sejahtera, Meita Dwivernia  saat ditemui di gudang outdoor material untuk membangun BTS, di Jayapura, Papua, Rabu, (20/4).  

Dari total target 1.811 BTS itu, Meita menuturkan sekitar 800 BTS telah terbangun di pelbagai wilayah di Papua. Guna bisa mempercepat pembangunan BTS, Meita berharap bisa menyelesaikan sekitar 200 BTS di setiap bulannya. (OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat