visitaaponce.com

Raih TKDN 99.04, Belanja Produk Teknologi AI Mudah Melalui Nodeflux

Raih TKDN 99.04%, Belanja Produk Teknologi AI Mudah Melalui Nodeflux
Nodeflux, perusahaan AI lokal terbesar di Indonesia yang telah memiliki Sertifikat TKDN sebesar 99.04%.(Ist)

PEMERINTAH dalam beberapa tahun belakangan gencar mendorong optimalisasi Sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) melalui “Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia”.

Upaya ini bertujuan untuk memacu produktivitas dan daya saing industri nasional di tengah perdagangan dunia serta memudahkan para aparatur pemerintah dan BUMN berbelanja produk bersertifikasi TKDN, termasuk yang berbasis teknologi AI (Artificial Intelligence). 

Selaras dengan gerakan tersebut, Nodeflux sebagai perusahaan AI lokal terbesar di Indonesia dengan kompetensi global berstandar internasional telah berhasil menciptakan, mengembangkan dan mengimplementasikan teknologi AI di berbagai industri dan use cases. 

Baca juga : ICE Board Hadirkan Inovasi Teknologi Visual untuk Sektor Industri

“Kami sangat antusias dengan gerakan ini karena hampir dalam semua implementasi Nodeflux sering berkompetisi dengan pemain global seperti dari China, Jepang, Russia, dan Amerika,” ujar Chief Executive Officer Nodeflux Meidy Fitranto dalam keterangan resminya pada awak media, Selasa (18/10).

Sampai saat ini Nodeflux telah banyak berkecimpung di banyak implementasi kegiatan di antaranya pengamanan international event seperti Asian Games 2018, IMF-World Bank Group Summit 2018, sistem pendukung operasi 26 Polda di Indonesia, solusi Smart City di 3 Provinsi dan 6 Kota, pemantauan arus lalu-lintas terutama pada saat mudik oleh Jasa Marga, hingga monitoring mobilitas masyarakat pada saat PSBB, dan banyak lainnya.

Sebagai salah satu pendiri Nodeflux, Meidy merasa bangga sekali berhadapan dengan para pemain AI global karena Nodeflux telah memiliki Sertifikat TKDN sebesar 99.04%.

Baca juga : Confluent Luncurkan Data Streaming untuk AI Dukung Aplikasi AI Real-Time

“Persentase tersebut mengukuhkan Nodeflux sebagai perusahaan pengembang teknologi AI dengan pemanfaatan komponen dalam negeri yang sangat tinggi,” ujar Meidy. 

“Setelah tersertifikasi TKDN, transformasi pengadaan barang menjadi lebih mudah. Proses belanja pemerintah yang dahulu harus melewati berbagai hal administratif, menjadi lebih singkat karena  Nodeflux telah masuk dalam e-catalog,” tambah Meidy. 

Ia mengatakan, para aparatur pemerintah kota/daerah/provinsi hanya perlu masuk ke laman e-catalog dan menuliskan kata kunci Nodeflux di bagian kolom pencarian.

Baca juga : Konferensi Teknologi 'Mekari Conference 2023' Sentuh Dampak AI Bagi Bisnis

Setelah itu, akan muncul berbagai produk yang dimiliki Nodeflux yang berfungsi untuk mengatasi masalah perkotaan seperti water level detection untuk pemantauan banjir  dan dapat dibeli dengan sekali klik.

Seperti yang diketahui, e-catalogue memiliki beberapa keuntungan, yaitu tidak perlu lelang/tender, efisien, transparan, dapat memilih produk sesuai kebutuhan, lebih akuntabel, dan mendukung pelaksanaan kebijakan pemerintah.

Menurut Meidy, pengembangan AI tentunya memiliki tantangan tersendiri, terutama dari talenta yang masih terbilang cukup terbatas di dalam negeri.

Baca juga : Leica Geo-Innovation Forum Hadirkan Inovasi Pemetaan Digital

“Selama ini kami dapat dibilang cukup berhasil merayu banyak diaspora, yaitu talenta Indonesia yang sebelumnya mengembangkan keahliannya di Jepang, Korea Selatan, China dan lainnya, untuk berkarya bagi produk Indonesia,” katanya.

Itulah kenapa, tukas Meidy lagi, “Kami bisa lebih percaya diri lagi dengan kehadiran para diaspora ini dalam berhadapan dengan pesaing global di negeri ini. Ditambah lagi, dari sisi investor pun, sejauh ini Nodeflux masih diisi 100% investor dalam negeri.” jelasnya. (RO/OL-09)

Baca juga : AspenTech Hadirkan Rilis Perangkat Lunak Baru untuk Keunggulan Operasional

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat