visitaaponce.com

Perangkat Keras dan Perangkat Lunak untuk Multimedia

Perangkat Keras dan Perangkat Lunak untuk Multimedia
Sejumlah siswa jurusan multimedia menyelesaikan pembuatan film animasi di studio komputer SMK Bhumi Phala, Parakan, Jateng.(Antara/Anis Efizudin.)

SALAH satu jurusan dalam sekolah menengah kejuruan (SMK) yaitu multimedia. Para siswa SMK yang mengambil jurusan multimedia tentu harus mendalami seluk beluk multimedia.

Kali ini kita akan mempelajari tentang alat atau perangkat multimedia. Alat multimedia saat ini tidak hanya menggunakan komputer. Alat komunikasi seperti handphone (HP) atau telepon genggam pun sudah menjadi perangkat multimedia yang semakin canggih. Dengan menggunakan HP yang terbaru, kita bisa menggunakan fasilitas teleconference, menonton TV, mengakses internet, dan berbagai fasilitas wireless (koneksi tanpa kabel) lain. Selain HP atau ponsel, kamera digital saat ini juga sudah berfungsi sebagai perangkat multimedia yang dapat menyajikan suara, teks, animasi, walaupun belum dapat mengakses internet.

Secara umum, perangkat multimedia dikelompokkan menjadi dua, yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat yang diperlukan untuk komputer multimedia tergantung kepada pilihan pribadi, anggaran biaya, jenis material, dan isi dari proyek multimedia. Berikut penjelasan rincinya sebagaimana kami kutip dari buku pelajaran Desain Multimedia 1 untuk SMK-MAK Kelas XI karya Nanik Sri Rahayu.

Perangkat keras multimedia

Perangkat keras yang dibutuhkan untuk multimedia dapat dikelompokkan menjadi lima, yaitu perangkat konektor, input, output, penyimpan, dan perangkat komunikasi.

Baca juga: Multimedia terkait Pengertian, Kategori, Komponen, dan Penerapannya

a. Perangkat konektor.

Di antara beberapa perangkat komputer, monitor, hardisk, video proyektor, speaker. dan perangkat-perangkat lain, terdapat terdapat kabel-kabel yang menghubungkan. Kecepatan transfer data perangkat konektor yang digunakan akan menentukan kecepatan pengiriman konten multimedia.

Berikut beberapa perangkat konektor yang biasa digunakan.

1. Small computer system interface (SCSI).

SCSI merupakan perangkat standar untuk penghubung secara fisik dan pertukaran data antara komputer dan peripheral. Standar SCSI mendefinisikan perintah, protokol, serta antarmuka elektrik dan optik. SCSI biasa digunakan untuk hard disk. 

2. Media control interface (MCI).

MCI merupakan perpanjangan dari API untuk mengendalikan peripheral multimedia yang terhubung dengan computer. MCI terdiri dari empat bagian, yaitu AVI video, CD audio, sequencer, dan wave audio.

3. Intergrated drive electronic (IDE).

Antarmuka IDE merupakan standard untuk media penyimpan yang 
terhubung ke komputer. 

Baca juga: Langkah-Langkah Merakit Komputer Sendiri

4. Universal serial bus (USB).

USB merupakan standard bus serial untuk menghubungkan beberapa perangkat. USB didesain untuk memungkinkan berbagai 
periferal terhubung menggunakan soket antarmuka standar dan memiliki kemampuan plug and play. Artinya, perangkat 
dapat dipasang dan dilepas tanpa harus mematikan komputer terlebih dahulu.

5. High-definition multimedia interface (HDMI).

HDMI adalah standar koneksi digital yang dirancang untuk menampilkan gambar dan suara resolusi tinggi. Kelebihannya ialah kabel HDMI dapat menampilkan gambar full-HD, surround sound, control signal, bahkan data ethernet, hanya dengan satu kabel.

b. Perangkat input.

Perangkat input adalah perangkat yang berfungsi untuk mentransformasi informasi dari dunia luar untuk diolah oleh komputer. Perangkat input biasanya dikendalikan secara langsung oleh pengguna. Berikut beberapa perangkat input tersebut.

1. Keyboard
2. Perangkat pointing (mouse, touchpad, touchscreen, trackball, lightpen).
3. Perangkat input gambar dan video (scanner, webcam). 
4. Perangkat input audio (microphone).

c. Perangkat output.

Perangkat output adalah perangkat yang digunakan untuk mengomunikasikan hasil pengolahan data dari komputer kepada 
pengguna. Perangkat output antara lain speaker, amplifier, monitor, proyektor, printer.

d. Perangkat penyimpan.

Perangkat penyimpan adalah perangkat untuk merekam atau menyimpan informasi (data). Perangkat penyimpan dapat digunakan untuk menahan maupun memproses data. Berikut beberapa perangkat penyimpan tersebut.

1. Random access memory (RAM).

RAM merupakan memori utama yang digunakan untuk inisialisasi sistem operasi dan juga program aplikasi. RAM bersifat volatile. 

Setiap program yang diakhiri/ditutup, akan dihapus dari RAM. Semakin besar kapasitas RAM, semakin cepat waktu pemprosesan.

2. Read only memory (ROM).

ROM bersifat non-volatile. ROM biasa digunakan pada komputer untuk menyimpan program BIOS yang digunakan untuk inisialisasi booting komputer. Pada printer, ROM digunakan untuk menyimpan font.

3. Hardisk.

Hardisk merupakan perangkat penyimpan untuk data biner yang mudah dibaca oleh komputer. 

4. Compact disk (CD).

CD adalah media penyimpanan yang berbentuk piringan. CD disebut juga optik pada generasi pertama yang menggantikan 
disket (floppy disc) pada waktu itu. Ini karena CD memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dengan harga yang sama. 

CD banyak digunakan untuk membuat film dengan resolusi kecil atau sebagai media transmisi software-software aplikasi. CD memiliki kapasitas penyimpanan data 700 MB.

5. Digital versatile disk (DVD).

DVD adalah media penyimpanan optik yang populer. Penggunaan utamanya untuk menyimpan video dan data. Sesuai dengan namanya, ukuran fisik standarnya sama dengan CD (compact disc), tetapi dengan kapasitas enam kali lipat dari CD. 

e. Perangkat komunikasi.

Aplikasi multimedia dibuat oleh tim yang terdiri dari beberapa orang yang bisa jadi bekerja dalam satu gedung, tetapi dapat pula bekerja pada gedung yang berlainan dan berjauhan jaraknya. Karenanya, dibutuhkan perangkat komunikasi untuk saling menghubungkan mereka. Perangkat komunikasi tersebut antara lain modem dan ISDN.

Perangkat lunak multimedia

Perangkat lunak multimedia adalah komponen-komponen dalam data processing system berupa program-program untuk mengontrol bekerjanya sistem komputer multimedia. Perangkat lunak ini digolongkan menjadi tiga bagian yaitu bahasa pemrograman multimedia, perangkat lunak sistem multimedia, dan perangkat lunak aplikasi multimedia. 

a. Bahasa pemprograman multimedia. 

Bahasa pemprograman multimedia ialah bahasa-bahasa yang digunakan programmer untuk membuat aplikasi multimedia. Contohnya Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic, dan Java.

b. Perangkat lunak sistem (system software).

Perangkat lunak ini terdiri dari sistem operasi (operating system) semisal DOS (disc operating system), Windows 95/98/ME, Windows NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux, atau Mac OS. Perangkat lunak lain ialah aplikasi utilitas (utility application) semisal aplikasi antivirus.

c. Perangkat lunak aplikasi multimedia.

Perangkat lunak aplikasi multimedia merupakan aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh personal atau organisasi untuk user yang beroperasi dalam bidang-bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, modeling, dan animasi. Berikut rinciannya.

1. Perangkat pengolah teks.

Aplikasi pengolah teks yang banyak digunakan seperti Microsoft Word, Word Star for Windows, Word Perfect, dan Star Writer. Sedangkan beberapa aplikasi pengolah teks yang bersifat open source yakni Open Writer, KWriter. dan Abi Word. 

2. Perangkat lunak pengolah animasi dan grafik 2D.

Aplikasi pengolah grafik 2D dibagi menjadi dua bagian.
* Grafik 2D Vector, seperti Corel Draw, Macromedia Freehand dan Adobe Illustrator. 
* Grafik 2D Image (Raster), semisal Adobe Photoshop, Jasc Paint Shop Pro, Gimp. Animasi, misalnya Macromedia Flash. 

3. Perangkat lunak pengolah animasi dan modeling grafik 3D.

Contoh dari perangkat lunak animasi dan modeling grafik 3D ialah 3D Studio MAX, Maya, Softimage, LightWave, dan Blender.

4. Perangkat lunak authoring multimedia.

Authoring merupakan aplikasi komputer yang memberikan peluang kepada pengguna untuk mengembangkan perangkat lunak dengan dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa harus mengetahui penggunaan dan pemahaman bahasa pemrograman, seperti Macromedia Authoring. Sedangkan aplikasi authoring yang dilengkapi dengan pemrograman yakni Macromedia Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman). 

Jenis perangkat itu dibagi menjadi tiga kategori yaitu authoring berbasis halaman, authoring berbasis ikon, dan authoring berbasis waktu. Authoring berbasis halaman merupakan authoring yang bekerja berbasis halaman atau buku dengan mengorganisasi elemen-elemen dalam halaman atau buku tersebut. Contoh dari aplikasi ini ialah HyperCard dan ToolBook Assistant. 

Authoring berbasis ikon menggunakan konsep flowchart untuk membuat aliran elemen-elemen multimedia yang dihubungkan bersama atau secara sendiri-sendiri yang secara khusus menampilkan diagram alir aktivitas sepanjang jalur percabangan. Contohnya Microsoft Power Point dan Macromedia Authorware.

Authoring berbasis waktu merupakan pengembangan paket multimedia sebagai pengorganisasian objek sepanjang lini waktu. Frame yang diorganisasikan secara berurut kemudian ditampilkan kembali kepada pengguna. Contoh aplikasi yang menggunakan cara ini ialah Macromedia Director. 

Authoring DVD adalah aplikasi yang digunakan untuk menampilkan menu interaktif movie. Contohnya, Pinnacle 
Impression, Sonic ReelDVD, dan Ulead DVD Workshop. 

e. Perangkat lunak aplikasi berbasis web.
 
Contoh produk-produk mendesain web antara lain Macromedia Flash yang digunakan untuk membuat animasi grafis pada web, Macromedia Dreamweaver, dan Microsoft Front Page.

Rangkuman

Secara umum, perangkat multimedia dikelompokkan menjadi dua, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras yang dibutuhkan untuk multimedia dapat dikelompokkan menjadi lima, yaitu perangkat konektor, input, output, penyimpan dan perangkat komunikasi. Perangkat lunak multimedia adalah komponen-komponen dalam data processing system berupa program-program untuk mengontrol bekerjanya sistem komputer multimedia. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat