visitaaponce.com

Whatsapp Kembali Hadirkan Fitur Keamanan Terkini

Whatsapp Kembali Hadirkan Fitur Keamanan Terkini
Logo Whatsapp.(AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV)

WHATSAPP mengumumkan kehadiran fitur keamanan baru, ditujukan untuk memberikan pengguna platform pesan instan miliknya lapisan privasi tambahan, serta lebih banyak kendali atas pesan mereka.

Fitur keamanan baru itu akan ditambahkan Whatsapp ke aplikasi layanan pesan instan pengguna dalam beberapa bulan mendatang, salah satunya adalah perlindungan akun untuk memastikan pengguna merupakan pihak yang mengalihkan akun Whatsapp ke perangkat baru.

Untuk memastikan hal ini, Whatsapp akan meminta perangkat lama melakukan verifikasi bahwa pengguna ingin melakukan langkah tersebut sebagai langkah pemeriksaan keamanan tambahan pada layanan mereka.

Baca juga: WhatsApp Hadirkan Fitur Keamanan Tambahan untuk Pengguna

Whatsapp menyebut bahwa fitur tersebut dapat membantu memperingatkan pengguna apabila ada percobaan tidak sah untuk memindahkan akun pengguna ke perangkat lain. Fitur lainnya yaitu adalah verifikasi perangkat.

Perusahaan yang dinaungi induk perusahaan Facebook, Meta, ini juga menambahkan pemeriksaan untuk membantu mengautentikasi akun dan melindungi pengguna secara lebih baik apabila perangkat disusupi.

Selain itu, fitur keamanan baru Whatsapp lainnya adalah fitur verifikasi kode keamanan, ditujukan untuk membantu memastikan chat benar-benar sampai ke penerima yang dituju oleh pengguna. Pengguna juga dapat memeriksa pesan secara manual dengan membuka tab enkripsi di bagian info kontak.

Baca juga: Whatsapp Tingkatkan Fitur Panggilan untuk Versi Desktop

Whatsapp turut menyebut bahwa untuk membuat proses ini lebih efisien dan mudah diakses semua orang, pihaknya juga meluncurkan fitur keamanan berdasarkan proses bertajuk Transparansi Kunci.

Proses ini diklaim Whatsapp memungkinkan pengguna secara otomatis memverifikasi bahwa pengguna memiliki koneksi yang aman. Artinya, saat mengklik tab enkripsi, pengguna akan dapat segera memverifikasi bahwa pembicaraan pribadi dalam keadaan aman. (Medcom/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat