visitaaponce.com

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Speaker Laptop Pecah

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Speaker Laptop Pecah
Ilustrasi - kenali penyebab dan cara mengatasi speaker laptop bermasalah(AFP)

SUARA speaker pada laptop anda terdengar tidak jelas, pecah-pecah, atau terdistorsi? Tentunya kondisi itu sangat menganggu dan mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan perangkat jinjing itu.

Suara laptop yang kresek akan mempengaruhi fungsi dari perangkat ini. Anda perlu mengatasi permasalahan itu segera. Namun sebelum melakukan perbaikan, yuks ketahui penyebab speaker laptop anda kresek. 

Penyebab:

Baca juga: AI ChatGPT akan Hadapi Pesaing Baru dari Tiongkok

Volume suara terlalu tinggi

Jika kamu terlalu sering mengatur volume suara speaker laptop pada level yang terlalu tinggi, suara speaker bisa pecah. Volume suara yang terlalu tinggi dapat membuat speaker bergetar dengan keras, sehingga dapat merusak komponen speaker.

Baca juga: Ini Cara Melacak Ponsel Hilang dengan Email

Sumber suara yang buruk

Sumber suara yang buruk.  File audio dengan kualitas rendah atau rekaman suara yang tidak baik dapat menyebabkan distorsi pada speaker. Hal ini dapat membuat speaker terdengar pecah atau terdistorsi.

Komponen speaker rusak

Ada beberapa komponen dalam speaker yang dapat rusak, seperti voice coil atau cone speaker. Jika salah satu dari komponen ini rusak, dapat menyebabkan suara speaker menjadi pecah atau terdistorsi.

Kerusakan pada kabel atau sambungan: 

Jika kabel atau sambungan yang menghubungkan speaker dengan perangkat lainnya rusak atau kendor. Kondisi ini dapat menyebabkan suara speaker pecah atau terdistorsi.

Usia speaker 

Seperti perangkat elektronik lainnya, speaker juga memiliki masa pakai yang terbatas. Jika speaker sudah terlalu tua atau sering digunakan, dapat menyebabkan komponen di dalamnya menjadi lemah atau rusak.

Cara Mengatasi 

Tidak sulit untuk mengatasi suara speaker pecah. Simak langkah-langkah ini:

  1. Tekan menu Start, lalu masuk ke Control Panel.
  2. Pilih opsi Hardware and Sounds, kemudian klik Sound.
  3. Pilih menu speaker, klik kanan kemudian klik properties.
  4. Pada tab Enhancements aktifkan tanda centang pada opsi Disable All Sounds Effect.
  5. Klik OK, selesai.

Pilihan lain anda bisa menggunakan speaker eksternal. Anda bisa membeli lewat toko aksesori laptop maupun komputer atau secara daring.

Jika masih terus bermasalah, kamu mungkin perlu membawa perangkat ke pusat servis atau toko elektronik untuk diperbaiki atau diganti komponennya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat