visitaaponce.com

Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Kartu VGA di Paket Lobster Hidup

Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Kartu VGA di Paket Lobster Hidup
Logo Nvidia, produsen kartu grafis.(AFP/JUSTIN SULLIVAN)

Ada-ada saja cara untuk pelaku penyelundupan atau smuggling untuk menghindari pihak bea cukai menangkap mereka. Terbaru, di Tiongkok kabarnya ada usaha penyelundupan komponen komputer yang disimpan bersama lobster hidup pada pekan lalu oleh dua orang pria.

Pihak bea cukai Hong Kong berhasil mengagalkan percoba penyelundupan kartu grafis merek Nvidia yang disimpan bersama bahan pangan jenis seafood tersebut. Pelaku ditangkap saat menyeberangi Zhuhai-Macao Bridge saat ingin masuk ke wilayah Tiongkok.

Dikutip dari situs PCMag, tidak kurang sekitar 70 unit kartu grafis coba diselundupkan di dalamnya. Pelaku disebut mengaku bahwa kartu grafis ini akan dijual lagi, semuanya akan laku dengan nilai US$600.000 atau kisaran Rp800 juta.

Baca juga: Asus Luncurkan Laptop ROG Baru yang Lebih Bertenaga

Meskipun begitu pelaku tidak berencana untuk menjual kepada pelaku mining aset kripto. Dua tahun lalu tren mining aset kripto yang membutuhkan kartu grafis sangat marak. Proses ini membutuhkan banyak kartu grafis sebagai alat utama untuk menambang. Makanya saat itu kartu grafis menjadi barang langka dan sangat mahal.

Sementara jenis kartu grafis yang diselundupkan bersama lobster itu dilaporkan tergolong model lama, yaitu Quadro K2200 yang diluncurkan Nvidia pada 2014. Kartu grafis itu juga ditujukan untuk kebutuhan profesional, bukan untuk gaming yang jauh lebih laris.

Terungkap bahwa pelaku berusaha menjual kartu grafis ini jasa daur ulang elektronik. Hal ini cukup aneh mengingat mereka rela menyelundupkan barang demi bisa menjualnya ke tempat daur ulang.

Baca juga: Google Hadirkan Podcast di Youtube Music

Pada Desember lalu seorang perempuan Tiongkok justru tertangkap basah berusaha menyelundupkan lebih dari 200 unit prosesor merek Intel. Hal yang unik adalah dia berpura-pura menjadi ibu hamil dengan perut tiruan yang di dalamnya tersimpan ratusan prosesor tadi.

Pihak bea cukai Makauyang menggagalkan usaha penyelundupan sudah mencuriga postur dan gaya berjalan perempuan tersebut yang mengaku usia kehamilannya 5-6 bulan. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat