visitaaponce.com

Inovata Luncurkan Aplikasi MIRA, Bantu Pemilik Warung Tingkatkan Pendapatan

Inovata Luncurkan Aplikasi MIRA, Bantu Pemilik Warung Tingkatkan Pendapatan
Kerja sama Inovata dengan Karang Taruna di Jakarta Timur untuk pemanfaatan aplikasi MIRA(Dok. Inovata)

INOVATA PTE Ltd meluncurkan sebuah aplikasi bernama MIRA untuk membantu warung meningkatkan pendapatannya. 

CEO Inovata International Chris Sims mengatakan, aplikasi MIRA tercetus saat ingin membantu lebih banyak orang setelah bekerja selama 25 tahun di industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG). 

"Saya berpikir tentang bagaimana cara memanfaatkan keterampilan saya untuk membantu banyak orang," kata Chris saat peluncuran kerja sama aplikasi MIRA-Karang Taruna di Kantor Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Baca juga : Sinergi BUMN Luncurkan Website Molis Plus Fitur Kalkulator Penghematan Biaya

Chris kemudian memikirkan bagaimana kemampuannya dapat membantu banyak orang dan mengamati perkembangan sektor ritel kecil di Indonesia yang masih menghadapi beberapa masalah.

"Kami menciptakan aplikasi MIRA untuk membantu pertumbuhan Warung. Kami ingin meningkatkan pendapatan mereka dan menanamkan filosofi perdagangan yang berbeda di Warung-Warung ini," ujarnya.

Baca juga : WhatsApp Hadirkan Fitur Chat Lock untuk Sembunyikan Pesan Rahasia

Chris memiliki target besar dalam memajukan UMKM. Ia ingin jutaan warung di Indonesia terintegrasi dengan MIRA. 

"Kami tidak akan membebankan biaya kepada warung-warung untuk menggunakan aplikasi MIRA dan akan selalu memastikan teknologi digunakan untuk keuntungan mereka," tegasnya.

Chris mengatakan, program ini bertujuan untuk memberikan warung-warung dengan metodologi unik dan aplikasi seluler pendukung untuk kios kelontong. 

Ia mengatakan aplikasi ini dapat membantu pemilik warung meningkatkan pendapatan pengecer melalui sistem manajemen stok yang inovatif serta pencatatan keuangan digital, memungkinkan pemantauan persediaan stok, prediksi barang yang akan terjual, dan rekomendasi produk tambahan.

Sebagai proyek percontohan, MIRA telah bermitra dengan Karang Taruna di kelurahan Jatinegara, Jakarta Timur, untuk melaksanakan program ini. Anggota Karang Taruna akan menerima pelatihan untuk menjadi Pelatih Kesuksesan Pribadi yang membantu pemilik Warung dalam meningkatkan pendapatan mereka.

Karang Taruna akan menerima insentif dan pendanaan sponsor dari Inovata untuk anggotanya dan kegiatan yang diadakan oleh Karang Taruna setiap tahunnya.

"Dengan Inovata, kami bertujuan untuk mengurangi pengangguran di kalangan anggota Karang Taruna di Jatinegara. Target kami adalah generasi muda Karang Taruna, untuk mengurangi pengangguran karena sebagian besar dari mereka belum bekerja, baru saja lulus dari sekolah," kata Rina Famili, Ketua Karang Taruna Jatinegara.

Rina menegaskan, anggota Karang Taruna akan menerima insentif berdasarkan kinerja mereka dalam membimbing pemilik Warung, dan mereka dapat memperoleh pengetahuan yang luas dari program ini.

Sementara itu, Muchtar, Kepala Kelurahan Jatinegara, menyambut baik program digitalisasi Warung ini. Saat ini, Warung-Warung konvensional masih kurang dalam manajemen yang optimal.

"Di Jatinegara, banyak warung yang masih memiliki manajemen informal. Mereka membutuhkan bimbingan dan pengembangan. Dengan program ini, kami berharap usaha di Jatinegara dapat maju," kata Muchtar.

Muchtar belum dapat memberikan jumlah warung yang terlibat dalam tahap awal program ini secara tepat. Namun, prioritas akan diberikan kepada Warung-Warung yang menjadi bagian dari program Jakpreneur.

"Program ini melibatkan kerjasama dengan Karang Taruna. Sudah tertanam dalam masyarakat. Insyaallah, ini akan mendapat respon dari pelaku bisnis," pungkasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat