visitaaponce.com

Meta Luncurkan MusicGen, Ciptakan Musik dari Teks

Meta Luncurkan MusicGen, Ciptakan Musik dari Teks
Logo Meta(AFP/Lionel BONAVENTURE)

ALAT bantu dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) generatif sudah digunakan secara luas untuk membuat konten teks dan visual. Lalu, bagaimana dengan audio dan musik yang dibuat melalui sistem AI?

Raksasa teknologi Meta meluncurkan model AI generatif terbaru yang disebut MusicGen untuk memfasilitasi semua jenis kreasi musik baru.

MusicGen menggunakan petunjuk teks atau melodi untuk membuat musik baru, berdasarkan contoh lagu dan gaya instrumen yang ada. Pada dasarnya, pengguna cukup memberi tahu MusicGen jenis lagu yang diinginkan atau menyenandungkan sebuah lagu. Setelah itu, MusicGen akan menghasilkan variasi audio tersebut sebagai output.

Baca juga : Meta Luncurkan AudioCraft, Bisa Buat Audio dan Musik dari Teks

Model MusicGen telah dilatih dengan 20 ribu jam musik, termasuk 10.000 trek musik berlisensi "berkualitas tinggi" dan 390.000 trek khusus instrumen dari ShutterStock dan Pond5, sebuah perpustakaan media yang sangat besar. Meta tidak menyediakan kode yang digunakan untuk melatih model, tetapi telah menyediakan model terlat8h yang dapat dijalankan oleh siapa saja yang memiliki hardware yang tepat, terutama GPU dengan memori sekitar 16GB.

Dilansir dari Social Media Today, MusicGen saat ini belum tersedia secara luas dan masih tersedia dalam bentuk demo.

Kehadiran MusicGen disebut akan memberikan cara baru untuk menghasilkan musik orisinal yang dapat mengubah pendekatan bagi musisi dan dapur rekaman. Cepat atau lambat, kita akan mendengar lagu-lagu yang dibuat oleh AI sebagai lagu-lagu yang menduduki top chart tanpa kita mungkin tidak menyadarinya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat