visitaaponce.com

Kemenkominfo Sudah Terima Surat Permintaan Penghentian Internet di Baduy

Kemenkominfo Sudah Terima Surat Permintaan Penghentian Internet di Baduy
Kemenkominfo akan berkoordinasi dengan operator selular atas permintaan penghentian internet di Baduy.(Antara)

KEMENTERIAN komunikasi dan informatika (Kemenkominfo) mengakui telah menerima surat permohonan penghentian jaringan internet dari Suku Baduy Dalam, Banten. Saat ini Kemenkominfo tengah berkoordinasi dengan pihak operator selular mencari solusi tersebut. 

"Sudah, Jumat (16/6), saya mendapatkan disposisi dari Plt Menteri Kominfo agar jaringan internet di sana diputus. Sudah berkoordinasi secara informal dengan operator seluler karena ini kan jaringannya sudah dioperasikan mereka bukan oleh kominfo," ujar Usman di sela persiapan peluncuran Satelit Satria-1 di Amerika Serikat. 

Diketahui Tetua Suku Baduy meminta pemerintah untuk menghentikan internet di kawasan mereka. Pasalnya internet dinilai memiliki dampak negatif bagi mereka.

Baca juga: Tradisi Seba, Saat Masyarakat Baduy Turun Gunung ke Kota

Usman menyebut akan segera berkoordinasi dengan operator seluler untuk menemukan solusi dan jawaban atas permintaan tetua baduy.

"Intinya kita menghormati permintaan tetua baduy dalam, tapi kita juga harus melihat efeknya bagi pelayanan publik masyarakat di sekitarnya," ujarnya. 

Baca juga: UBL Gelar Pameran Batik dan Tenun Baduy Wastra Nusantara

Di luar kawasan Baduy, kata Usman, sangat membutuhkan jaringan ineternet. Salah satunya untuk pemasaran produk kerajinan Baduy. 

"Kita tidak menginginkan yang lain terdampak kalau nanti kita ambil keputusan untuk memutus jaringan internet. Di Baduy dalam sendiri, kita tahu modernisasi itu gak gampang masuk, di sana tidak ada listrik, tv, radio. Internet itu biasanya dimanfaatkan pengunjung yang datang," ujar Usman.  (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat