visitaaponce.com

Cakap Digital Bisa Ubah Budaya ASN dalam Pelayanan Publik

Cakap Digital Bisa Ubah Budaya ASN dalam Pelayanan Publik
Seorang petugas mendampingi warga saat membuka aplikasi kependudukan melalui ponsel miliknya di Mal Pelayanan Publik (MPP)(ANTARA/Adiwinata Solihin)

PENGUASAAN literasi digital di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa mengubah budaya kerja ASN, dan meningkatkan efisiensi serta kompetensi sebagai ASN.

Hal itu disampaikan oleh Anggota Dewan Pengawas Ikatan Auditor Sistem Informasi Indonesia, Hari Singgih dalam kegiatan literasi digital sektor pemerintahan untuk ASN Pemerintah Provinsi Sumatra Utara (Sumut) di Medan, Kamis (20/7).

Adanya penguasaan literasi digital, para ASN diharuskan cepat merespons laporan masyarakat terhadap layanan publik pemprov.

“Dengan adanya efisiensi pekerjaan (oleh teknologi digital), bukan berarti pekerjaan kita berkurang, tapi bertambah pekerjaan-pekerjaan lain yang harus dikerjakan. Oleh karena itu, kompetensi kita sebagai ASN juga harus ditingkatkan untuk melakukan pekerjaan itu,”
kata Hari.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumut, Arief Sudarto Trinugroho turut menekankan tentang pentingnya literasi digital bagi ASN untuk memahami perubahan zaman ke era digital yang lebih dinamis. "ASN harus sangat akrab dengan digitalisasi, karena perubahan di dunia demikian cepat untuk teknologi informasi dan komunikasi,” tegas Arief.

baca juga: Pembentukan Pandu Digital Sektor Pendidikan Sasar Mahasiswa KKN

Kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) selama ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi ASN di bidang digital.

“Kita harus mengenal, mengadopsi teknologi digital agar bisa meningkatkan kualitas  pelayanan di sektor publik,” ucap Direktur Pemberdayaan Informatika, Boni Pudjianto saat memberikan sambutan di hadapan para ASN Pemprov Sumut secara luring.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya literasi digital di sektor pemerintahan dalam rangkaian kegiatan program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kemenkominfo. Program Indonesia Makin Cakap Digital bertujuan untuk memberikan literasi tentang teknologi digital kepada 50 juta masyarakat Indonesia hingga  2024. (N-1)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat