visitaaponce.com

Berkenalan dengan 5 Fitur Asimo Robot Tercanggih Di Dunia

Berkenalan dengan 5 Fitur 'Asimo' Robot Tercanggih Di Dunia
Asimo robot tercanggih di dunia(Honda)

ILMUAN dan ahli teknologi terus melakukan inovasi dalam membuat robot yang semakin canggih. Robot ini biasa disebut dengan istilah Artificial Intelligence (kecerdasan manusia). 

Salah satu robot tercanggih yang terkenal di dunia adalah robot Advanced Step In Innovative Mobility atau yang biasa disebut dengan Asimo yang memiliki fitur yang sangat lengkap dan canggih. 

Asimo memfokuskan pengembangannya terhadap cara berjalan dua kaki, pengenalan lingkungan, dan interaksi terhadap lingkungannya. Robot ini juga didasari dengan pengembangan sistem kontrol mobile Vehicle Stability Assist, sistem pengembangan pada sepeda motor, hingga sensor untuk kendaraan otonom.

Baca juga : LG Siap Luncurkan 'Smart Home AI Agent' pada Ajang CES 2024 di Las Vegas, AS

Ada beberapa fitur canggih yang dimiliki oleh Asimo yang dapat membuatnya lebih baik dengan manusia, diantaranya :

1. Pengenalan Lingkungan 

Asimo dapat mengenali bahaya potensial seperti tangga atau benda gerak lainnya, bisa bertindak dengan aman untuk dirinya sendiri, dan dapat mengenali objek disekitarnya.

2. Pengenalan Wajah

Dengan fitur pengenalan wajah, Asimo memiliki kemampuan untuk mengenali wajah. Dalam situasi, Asimo dapat mengenali kurang dari 10 wajah yang berbeda dan mengenali wajah orang yang sudah terdaftar sebelumnya.

Baca juga : Semarakkan Indonesia Comic Con 2023, CapCut Promosikan Fitur AI Terbaru

3. Pengenalan Postur dan Gerak

Asimo dapat menafsirkan posisi dan pergerakan tangan. Selain itu, Asimo juga dapat bereaksi dan diarahkan. Tidak hanya dengan perintah suara tetapi juga dengan gerakan alami manusia. 

4. Pengenalan Atas Benda Bergerak

Terdapat informasi visual dari kamera yang terpasang di kepalanya, Asimo dapat mendeteksi gerakan berupa objek serta menilai arah dan jarak. Fitur ini memiliki kemampuan untuk mengikuti gerakan orang dengan kamera, dan dapat menyapa seseorang ketika dia mendekat.

5. Membedakan Suara

Fitur membedakan suara membuat Asimo memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi sumber suara  manusia dan suara lainnya. Dengan fitur ini Asimo dapat menanggapi panggilan namanya, mengenali wajah orang ketika sedang diajak berbicara, serta mengenali suara yang tidak biasa, seperti suara objek jatuh atau bertabrakan. 

Kemampuan robot Asimo versi terbaru dapat berjalan cepat, berjalan mundur, melompat, hingga naik turun tangga. Asimo sendiri didesain dengan menyerupai manusia yang berpakaian astronot, dengan berat 54 kg dan tinggi 130cm. Asimo dapat berlari sekitar 6 kilometer per jamnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat