visitaaponce.com

10 Aplikasi AI Terlaris di Tanah Air, Chat GPT Paling Unggul

10 Aplikasi AI Terlaris di Tanah Air, Chat GPT Paling Unggul
Aplikasi AI paling populer(MI/Meilani Teniwut)

ARTIFICIAL intelligence (AI), atau kecerdasan buatan, telah menjadi topik yang hangat diperbincangkan di berbagai forum, termasuk dalam konteks hubungan internasional. Menurut Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), AI merupakan sistem berbasis mesin yang menghasilkan keluaran seperti prediksi, konten, rekomendasi, atau keputusan, baik secara eksplisit maupun implisit, melalui input yang diterimanya, dan memiliki potensi untuk memengaruhi lingkungan fisik atau virtual.

Peran AI semakin penting dan cakupannya semakin luas dalam berbagai sektor pembangunan, termasuk pelayanan publik, kesehatan, pendidikan, dan lainnya. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan oleh Brookings Institution, investasi global dalam bidang AI telah mencapai 60 miliar Dolar Amerika Serikat (AS) pada tahun 2020, dan diprediksi akan meningkat lebih dari dua kali lipat pada tahun 2025.

Dalam kurun waktu antara September 2022 hingga Agustus 2023, dunia internet diserbu oleh gelombang kunjungan kecerdasan buatan (AI) yang mencapai lebih dari 24 miliar. Ini menandai tren yang signifikan dalam adopsi teknologi AI oleh masyarakat global.

Baca juga : Trafik ChatGPT Menurun, Ini Alasannya

Menurut data yang dirilis oleh Writerbuddy, rata-rata pertumbuhan bulanan mencapai sekitar 236,3 juta kunjungan, dengan penyumbang terbesarnya adalah Chat GPT. Berdasarkan penelitian mereka, berikut adalah daftar 10 AI terbaik dengan kunjungan teratas:

1. Chat GPT 

Menempati peringkat pertama dengan jumlah kunjungan terbanyak, mencapai 14,6 miliar. Mayoritas pengguna, terutama pemilik bisnis, mengakses aplikasi ini selama 10 menit per sesi. Forbes melaporkan bahwa Chat GPT telah membantu bisnis dalam pengambilan keputusan, pembuatan konten multibahasa, penyederhanaan komunikasi melalui email, pembuatan salinan situs web, perbaikan kesalahan kode, penerjemahan informasi, dan ringkasan data yang cepat.

2. Character AI 

Kategori chatbot AI ini melibatkan pengguna selama 30 menit per sesi, terutama dari sektor industri. Keistimewaan AI ini adalah kemampuannya dalam tugas berjangka waktu lama seperti psikolog, fitur pembuatan karakter sendiri, dan kemampuan untuk berinteraksi dengan karakter tokoh terkenal atau buatan sendiri.

Baca juga : Deezer Kembangkan Teknologi Hapus Lagu Ilegal yang Dibuat AI

3. QuillBot 

QuillBot adalah kecerdasan buatan di bidang penulisan AI yang banyak digunakan di Filipina, dengan 1,1 juta kunjungan di periode yang sama, dengan interaksi rata-rata selama 20 menit.

4. Midjourney 

Banyak digunakan oleh pekerja kreatif untuk menghasilkan gambar utama, dengan mayoritas pengguna laki-laki (92,19%) dan pengguna terbanyak berasal dari Amerika Serikat, diikuti oleh Brazil, India, dan Inggris.

5. Hugging Face 

AI Ilmu Data ini memiliki jumlah kunjungan tertinggi, yaitu 316,6 juta, dengan 48% melalui desktop dan 52% melalui perangkat seluler. Hugging Face membantu dalam pengolahan data perusahaan dan umumnya diakses selama 11 menit oleh pengguna dari sektor industri.

Baca juga : Google Bard Punya Kelebihan Dibanding ChatGPT

6. Google Bard

Google Bard, sebuah AI Writing dari Google yang dirilis pada akhir Maret 2023, memiliki kunjungan sejumlah 241,6 juta, dengan mayoritas pengguna berasal dari India dan Amerika Serikat.

7. NovelAI

Platform kecerdasan buatan untuk menulis ini banyak digunakan di Amerika, Jepang, dan Indonesia, dengan pengguna umumnya menghabiskan waktu rata-rata 14 menit per sesi karena kinerjanya yang baik untuk menciptakan tulisan sesuai keinginan.

8. CapCut 

AI ini telah populer di kalangan kreator konten untuk menghasilkan video di media sosial, dengan Indonesia menjadi pengguna tertinggi dengan 47,4 juta kunjungan.

Baca juga : 8 Fakta dan Cara Kerja Google Bard, Saingannya ChatGPT

9. JanitorAI

 

JanitorAI telah dikunjungi oleh 192,4 juta pengguna dari berbagai negara, dengan 96% di antaranya menggunakan seluler. Amerika Serikat, Brazil, Malaysia, Filipina, dan Indonesia merupakan lalu lintas terbanyak yang mengakses AI ini.

10. Civitai 

Civitai, penghasil gambar teratas, mendapatkan jumlah kunjungan sebanyak 177,2 juta. Daya tariknya terletak pada kemampuannya memahami antarmuka yang dicari pengguna.

Tren ini menandai eskalasi penggunaan AI dalam berbagai aspek kehidupan dan industri, menjanjikan masa depan yang lebih terhubung dan cerdas di era digital. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat