visitaaponce.com

Pemprov DIY dan Tokopedia Sinergi Latih UMKM Optimalkan Peluang E-Commerce

Pemprov DIY dan Tokopedia Sinergi Latih UMKM Optimalkan Peluang E-Commerce
Pemprov DIY dan Tokopedia gelar pelatihan Upgrade Skill Bersama Tokopedia dan TikTok Selalu Untung lewat Digital.(Tokopedia)

Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berkolaborasi dengan Tokopedia, memberikan pelatihan tentang pemanfaatan teknologi digital, utamanya e-commerce, kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di provinsi tersebut.

Kepala Bidang Usaha Mikro Dinas Koperasi dan UKM Yogyakarta Tatik Ratnawati mengungkapkan pelatihan itu sangat penting karena bisa membuka kesempatan bagi pelaku UMKM untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Dengan demikian, potensi pertumbuhan bisnis dapat menjadi lebih besar.

“Penjualan hanya melalui offline sepertinya kurang. Dengan online seperti ini, jaringan akan sangat luas, pasarnya lebih kemana-mana baik di lokal, nasional bahkan internasional. Tidak ada lagi jarak, ruang dan waktu bagi UMKM untuk berjualan,” ujar Tatik dalam acara Upgrade Skill Bersama Tokopedia dan TikTok Selalu Untung lewat Digital di Yogyakarta, Rabu (6/3).

Baca juga : Riset INDEF: Hyperlocal Tokopedia Berkontribusi dalam Pertumbuhan Ekonomi

Tatik menyebut saat ini jumlah UMKM yang ada di Daerah istimewa Yogyakarta mencapai 340 ribu. Data itu mengacu kepada UMKM yang telah terdaftar di aplikasi Sibakul Yogya. Dari jumlah tersebut, sebanyak 75% sudah melalukan penjualan secara daring melalui berbagai platform.

"Melalui pelatihan ini, para pelaku UMKM bisa terus beradaptasi menggunakan e-commerce sehingga pengelolaan bisnis bisa lebih efisien, termasuk dalam hal manajemen stok, pembayaran, dan pengiriman," tuturnya.

Ia mengakui, dalam mengembangkan UMKM, pemerintah tidak bisa berjalan sendiri. Kolaborasi juga harus dilakukan dengan pihak swasta. Ia pun mengapresiasi dukungan yang diberikan Tokopedia dalam pelaksanaan pelatihan tersebut.

Baca juga : Visi Misi Sama Alasan TikTok Gandeng Tokopedia

Head of Communication Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan, mengungkapkan kegiatan tersebut menjadi bentuk dukungan terhadap pemerintah untuk mengakselerasi penggunaan e-commerce oleh UMKM dalam upaya membuka pasar bahkan hingga ke luar negeri.

“Pelatihan yang diberikan seperti tips and trik bagaimana memanfaatkan e-commerce, bagaimana cara memanfaatkan fitur promosi dan dukungan lain untuk berjalan, memanfaatkan livestreaming, dan lain-lain,” ujar Aditya.

Dia berharap, melalui kegiatan tersebut, pola pemasaran pelaku UMKM di Yogyakarta dapat berubah dari konvensional menjadi go digital. Menurutnya, itu sangat penting mengingat tren bisnis sudah jauh berubah.

Dengan pelatihan itu pula, Tokopedia berkomitmen membantu pemerintah mewujudkan digitalisasi UMKM dan menciptakan  30 juta pelaku UMKM go digital pada 2024. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat