visitaaponce.com

Memori Musik Tetap Tersimpan di Penderita Alzheimer

Memori Musik Tetap Tersimpan di Penderita Alzheimer
Memori Musik Tetap Tersimpan di Penderita Alzheimer(Ist)

Ingatan tentang musik ternyata tertanam dalam otak manusia. Bahkan bagi penderita alzheimer dan dimensia, memori itu tidak hilang. Pasalnya musik dapat menggerakan orang dengan cara khusus, yakni melalui Autonomous Sensory Meridian Response (ASMR). Yakni sensasi mirip kesemutan di otak atau kulit kepala, semacam orgasme kepala.

Sebagaimana dikemukakan dalam studi Jurnal of Prevention of Alzheimer Disease yang disiarkan weforum.org, ASMR seperti ketika orang mengingat dan merasakan Tuhan kala ke gereja. Demikian pula musik mendorong seseorang menggerakan kaki, hingga menginspirasinya untuk mengubah dunia.

Dalam jurnal itu dijelaskan bagian otak yang bertanggung jawab pda fenomena ASMR ini tidak akan hilang saat seseorang mengalami alzheimer. Memang penderita alzheimer mengalami kebingungan, namun musik dipercaya membuat penderitanya mendekati normal.

Baca juga : Jamur Cegah Penurunan Kesehatan Mental

Dikutip dari weforum, fenomena ini kerap terjadi. Seperti pada kasus penderita alzheimer bernama Henry yang berhasil keluar dari  demensianya saat mendengarkan lagu-lagu yang pernah didengarnya saat muda.

"Tidak ada yang mengatakan bermain musik menjadi obat untuk penyakit Alzheimer, tetapi mungkin membuat gejala lebih mudah ditangani, mengurangi biaya perawatan dan meningkatkan kualitas hidup pasien," ujar Jeff Anderson MD PhD, associate professor di Radiology, Univerity of Utah Health, salah satu kontributor dalam penelitian ini.(M-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat