visitaaponce.com

Bahan Kimia Beracun pada Lumba-Lumba Berpotensi Picu Alzheimer

Bahan Kimia Beracun pada Lumba-Lumba Berpotensi Picu Alzheimer
Sekawanan Lumba-Lumba(Ilustrasi -- MI/Susanto)

SEBUAH penelitian baru menemukan potensi kondisi otak degeneratif atau penyakit otak seperti alzheimer dapat dipicu oleh bahan kimia beracun dari ganggang hijau biru yang ada dalam tubuh lumba-lumba.

Dikutip dari laman daily mail, peneliti mendapati racun berbahaya itu ada di dalam otak dan tubuh 13 dari 14 lumba-lumba yang diteliti. Hal itu terkait dengan efek penyakit alzheimer dan parkinson yang juga terdeteksi.

Pada sebuah makalah yang diterbitkan untuk jurnal Plos One, disebutkan, hubungan antara toksin dan efek kognitif merugikan masih perlu studi lebih lanjut. Namun para ilmuwan mengingatkan dampak mekarnya alga pada manusia dari bukti-bukti yang didapat.

"Ini menunjukkan kesehatan hewan laut dan kualitas air. Semua berhubungan langsung," sebut David Davis, penulis utama dan ahli neuropatologi Fakultas Kedokteran Universitas Miami seperti dikutip Daily Mail.

Kombinasi air asin dengan lebih banyak karbon dioksida, dan perubahan jumlah curah hujan yang dipicu oleh perubahan iklim diyakini bisa menciptakan kondisi ideal untuk tumbuh lebih banyak bunga alga ini. Namun, bagaimana bunga-bunga itu berpengaruh langsung pada manusia, masih perlu diteliti lagi. (TS/M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat