visitaaponce.com

Selain Menimbulkan Kerut, Ini Risikonya Jika Sering Menggosok Mata

 Selain Menimbulkan Kerut, Ini Risikonya Jika Sering Menggosok Mata
Ilustrasi: Mata(unsplash.com/ Bacila Vlad )

Keseringan berlama-lama menatap layar komputer dan polusi udara, membuat sebagian orang sering menggosok mata. Padahal, menurut para ahli, tindakan itu tidak baik untuk kesehatan mata.

Beberapa kondisi medis dapat menyebabkan gesekan, kata para ahli.  “Mata kering bisa menjadi penyebabnya. Meskipun menggosok akan merangsang produksi air mata, lebih baik menambahkan beberapa tetes mata sebagai pelumas," kata dokter kulit Dr. Karyn Grossman, seperti dikutip dari situs Huffpost, Jumat (28/10).

“Alergi juga dapat menyebabkan mata gatal, yang menyebabkan orang menggosok, yang kemudian menyebabkan lebih gatal,” kata Grossman.

Dokter kulit menyarankan untuk menjauhkan tangan Anda dari mata karena kebiasaan menggosok mata dapat sangat memengaruhi penampilan dan kesehatan Anda.  Kebiasaan tersebut dapat menimbulkan akibat seperti berikut ini::

1. Mata merah
“Menggosok mata bisa menjadi penyebab di balik mengapa Anda memiliki mata yang tampak lelah,” kata dokter kulit Dr. Snehal Amin.  "Mata berdarah bisa jadi hasil dari menggosok sampai kapiler pecah."

2. Lingkaran hitam
Menggosok mata juga dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata, yang dikenal sebagai hiperpigmentasi pasca-inflamasi.  Dan semakin gelap warna kulit Anda, semakin buruk hasilnya.

“Khusus bagi mereka yang memiliki kulit lebih gelap, menggosok mata memiliki efek mempercepat produksi pigmen kulit di area tersebut,” ujar dokter kulit Dr Angelo Thrower.

3. Kerutan
“Ketika menggosok mata berulang kali,akan membuat kulit Anda berisiko mengalami likenifikasi, yang merupakan istilah medis untuk penebalan kulit,” kata dokter kulit Dr. Brendan Camp.  “Itu bisa membuat garis-garis di kulit Anda lebih jelas, yang menonjolkan munculnya kerutan.  Itu juga bisa membuat kulit Anda terlihat kering dan bersisik.”

4. Kerusakan kornea
“Menggosok tidak hanya merusak kulit kelopak mata tetapi juga dapat menyebabkan goresan mikro pada kornea,” kata Amin.  “Seiring waktu, ini dapat mengakibatkan penipisan dan hilangnya bentuk kornea yang dapat menyebabkan penglihatan kabur, suatu kondisi yang dikenal sebagai keratoconus.  Menggosok mata sangat berbahaya bagi orang-orang dengan glaukoma yang mendasarinya, karena dapat menyebabkan lonjakan tekanan intraokular," lanjutnya.

5. Risiko infeksi
Kuman dari tangan atau udara dapat masuk ke tubuh melalui mukosa mata. Mukosa merupakan lapisan tipis atau membran jaringan yang menutupi permukaan bagian dalam tubuh.(M-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat