visitaaponce.com

Enam Jenis Minuman yang Patut Dikonsumsi Saat Merasa Loyo

Enam Jenis Minuman yang Patut Dikonsumsi Saat Merasa Loyo
Beberapa jenis minuman dapat membantu Anda meningkatkan energi.(123RF)

KITA semua tentu memiliki saat-saat ketika kita merasa lesu baik karena urusan pekerjaan, masalah kehidupan, dan lainnya. Saat Anda berusaha mengatasi penyebabnya--baik itu masalah kesehatan, stres pekerjaan atau kehidupan, atau kebiasaan gaya hidup--ada juga hal-hal yang dapat Anda lakukan, seperti meningkatkan kualitas tidur dan memperhatikan apa yang Anda konsumsi.

Beberapa minuman dapat membantu Anda meningkatkan energi ketika Andai dalam keadaan tak bersemangat dan lesu. Melansir dari situs Eating Well, berikut 6 minuman yang bisa memompa energi Anda.

1. Air putih 
Ketika Anda tidak bersemangat, Anda mungkin mengalami dehidrasi.  Ini memengaruhi sel-sel di otot dan otak Anda, dan Anda mungkin merasakannya sebagai kabut otak atau kelesuan.  

"Setiap sel dalam tubuh Anda membutuhkan air untuk berfungsi. Jika tidak ada cukup air dalam tubuh Anda, mungkin setiap sel masih berfungsi, tetapi dalam menjalankan fungsinya akan kurang optimal, " kata Samantha Cochrane, RD, ahli diet terdaftar di The Ohio State University Wexner Medical Center, AS.

2. Kopi
Kopi mengandung kafein, stimulan yang berikatan dengan reseptor adenosin di otak.  Adenosine membuat Anda merasa mengantuk, tetapi kafein menghalangi proses itu terjadi, yang pada akhirnya membuat Anda terjaga dan waspada, jelas JN Learning, sebuah divisi dari JAMA Network, sebuah situs jurnal.

3. Smoothie
Smoothie mengandung nutrisi makro seperti karbohidrat, protein, lemak yang menyediakan kalori untuk memberi energi pada tubuh Anda.  'Kebanyakan minuman tidak akan pernah memberi Anda keseimbangan yang baik dari semua nutrisi ini, tetapi smoothie dapat memberikannya,' kata Cochrane.  

Selain itu, smoothie juga merupakan sumber hidrasi dari cairan tambahan, es, dan buah. Sebaiknya Anda membuat sendiri smoothie yang Anda inginkan sehingga Anda bisa membuat smoothie dari buah asli tanpa tambahan gula.

4. Teh hijau (matcha) 
Stres sangat membebani energi Anda, yang bisa membuat Anda merasa cepat lelah. Jika Anda mengalami stres, cobalah minum segelas teh matcha panas atau es.  Orang dewasa sehat yang mengonsumsi 2 gram matcha (sekitar 1 sendok teh) setiap hari selama dua minggu memiliki fungsi kognitif yang lebih baik selama dan setelah kondisi stres, demikian temuan studi tahun 2021 di Nutrition Research.  

Katekin dalam teh memerangi kerusakan radikal bebas pada otak. Matcha juga memiliki theanine, senyawa yang dikenal untuk meningkatkan perhatian.  

5. Jus Buah dan Sayuran Segar
Menurut sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan di PLoS One, orang-orang melaporkan bahwa mereka mengalami peningkatan vitalitas—pengukuran yang menunjukkan seberapa energik yang mereka rasakan—ketika mereka diberi dua porsi tambahan buah dan sayuran untuk dimakan.

Buah dan sayuran utuh segar berbeda dengan jus, tentunya.  Namun, para peneliti menduga bahwa variasi vitamin, mineral, dan antioksidan dapat memengaruhi kesejahteraan seseorang melalui mekanisme seperti aliran darah yang lebih baik ke otak atau perubahan mikrobioma usus.

6. Jus Bit
Jus bit dapat meningkatkan performa olahraga.  Satu studi sistematis yang diterbitkan pada tahun 2020 di Critical Review in Food Science and Nutrition menemukan bahwa jus bit membantu mengurangi kelelahan selama tes lari sprint. 

Sementara itu, penelitian lain yang diterbitkan pada 2020 di Nutrients menyimpulkan bahwa jus bit meningkatkan kinerja selama latihan ketahanan.

Bit mengandung nitrat, yang diubah menjadi oksida nitrat, sebuah molekul yang membantu melebarkan pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah, sehingga meningkatkan oksigen ke otot, yang dapat membantu Anda merasa seolah-olah Anda tidak bekerja terlalu keras. Oleh karena itu, Anda memiliki lebih banyak energi untuk latihan fisik. (M-2) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat