visitaaponce.com

Swiss Kembalikan Potongan Patung Firaun Ramses II ke Mesir

Swiss Kembalikan Potongan Patung Firaun Ramses II ke Mesir
Ilustrasi: Patung Firaun (Ramses II)(Anne-Christine POUJOULAT / AFP)

Pemerintah Swiss, pada Senin (3/7) lalu menyerahkan kembali ke Mesir sebuah fragmen/potongan patung Firaun Ramses II berusia 3.400 tahun yang dicuri lebih dari 30 tahun yang lalu.

Carine Bachmann, Direktur Kantor Kebudayaan Federal setempat, menyerahkan fragmen itu ke kedutaan Mesir di ibu kota Bern.

Benda itu telah disita di Jenewa sebagai bagian dari proses pidana dan dikembalikan ke Mesir di bawah hukum Swiss tentang transfer kekayaan budaya internasional.

"Fragmen itu dicuri antara akhir 1980-an dan awal 1990-an dari Kuil Ramses II di Abydos di Mesir. Benda itub telah transit melalui berbagai negara sebelum tiba di Swiss," kata kantor kementerian kebudayaan Swiss.

Mereka mengatakan Mesir sangat kehilangan akibat penjarahan dan penghancuran situs arkeologinya.

"Restitusi ini menggarisbawahi komitmen bersama Swiss dan Mesir untuk memerangi perdagangan gelap kekayaan budaya," kata kementerian tersebut.

Ramses II, juga dikenal sebagai Ramses Agung, memerintah selama lebih dari 60 tahun selama abad ke-13 SM dan mengawasi penaklukan militer besar dan proyek konstruksi bangunan yang monumental di Mesir.

Sarkofagusnya yang berornamen dipajang di Paris dari April hingga September, sebagai bagian dari pameran keliling benda-benda budaya.

Mumi itu sendiri sekarang berada di Mesir, karena hukum mereka sekarang melarang  meminjamkan atau memindahkan mumi kerajaan ke luar negeri. (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat