visitaaponce.com

Arkeolog Israel Temukan Senjata Era Romawi yang Disimpan di Sebuah Gua

Arkeolog Israel Temukan Senjata Era Romawi yang Disimpan di Sebuah Gua
Ilustrasi: Arkeolog Israel tengah melakukan ekskavasi(MENAHEM KAHANA / AFP)

Para arkeolog Israel menunjukkan empat pedang era Romawi dan sebuah lembing yang ditemukan di dalam sebuah gua di Gurun Yudea, tempat pedang-pedang itu telah disimpan selama hampir 1.900 tahun.

Para arkeolog mengatakan senjata kuno tersebut diyakini telah digunakan pada masa pemberontakan Bar Kokhba orang Yahudi melawan Romawi pada abad kedua.

“Ini adalah penemuan yang sangat unik dan penting, yang belum pernah terjadi sebelumnya di Israel,” kata Eitan Klein, Direktur Otoritas Barang Antik Israel, kepada wartawan di sebuah acara yang memamerkan senjata tersebut, Rabu (6/9).

“Kami berasumsi bahwa pemberontak Yahudi mengambil senjata tersebut sebagai rampasan dari tentara Romawi atau dikumpulkan di medan perang dan disembunyikan dan disimpan di dalam gua untuk digunakan lagi dalam pertempuran berikutnya.”

Senjata-senjata itu ditemukan pada bulan Juni lalu, terjepit di balik dinding stalaktit dan disimpan dalam sarung kayu dan kulit.

Tanpa merinci lokasinya karena takut akan penjarahan, Klein mengatakan penemuan itu terjadi di wilayah Israel di kawasan yang dekat dengan cagar alam Ein Gedi.

“Kami baru mulai memahami apa yang mungkin terjadi saat itu,” kata Guy Stiebel, profesor di Universitas Tel Aviv yang berspesialisasi dalam kekaisaran Romawi.

“Ini bukan hanya tentang orang-orang Yahudi: ini tentang orang-orang Romawi; ini tentang seluruh kekaisaran Romawi.”

Stiebel mengatakan senjata-senjata itu terpelihara dengan baik dengan bilah besi, sarung dan gagangnya masih utuh.

“Fakta bahwa iklim di gurun Yudea sangat gersang dan kering memungkinkan kita sesekali menemukan penemuan semacam itu,” katanya.

Arkeologi adalah subjek yang sangat politis di Israel dan wilayah Palestina, dan beberapa penemuan telah digunakan untuk membenarkan klaim teritorial masing-masing pihak. (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat