visitaaponce.com

Urban Farming, Cara Mudah Melestarikan Lingkungan

Berkebun merupakan kegiatan memanfaatkan sebidang tanah atau lahan sebagai tempat untuk menanam tumbuhan. Selain baik untuk lingkungan, kegiatan ini juga memiliki dampak positif bagi kesehatan  fisik maupun mental.

Salah satu kegiatan berkebun yang banyak diminati masyarakat saat ini adalah urban farming. Konsep urban farming menjadi tren dan kegiatan baru yang digemari banyak orang, terutama di daerah perkotaan.

Urban farming, yang berarti bercocok tanam di lingkungan rumah, dianggap beriringan dengan keinginan masyarakat kota yang ingin menjalani gaya hidup sehat. Hasil panen dari urban farming lebih menyehatkan lantaran sepenuhnya menerapkan sistem penanaman organik, yang tidak menggunakan pupuk kimia dan pestisida sintesis.

Konsep ini bisa menciptakan lahan terbuka hijau di tengah padatnya daerah perkotaan dan membangun lingkungan yang sehat dan asri.  Tidak hanya sayuran, tanaman hias maupun tanaman buah dalam pot (tabulampot),  juga memiliki peminat yang cukup signifikan bagi pelaku urban farming.

Banyak masyarakat yang melirik untuk mencoba konsep berkebun di rumah, bahkan hingga melahirkan petani dari generasi milenial yang sukses. Salah satunya adalah I Dewa Agung Wiradipta, pemuda asal Surabaya yang juga merupakan pendiri startup populer Infarm. Ia merasa bertanggung jawab atas keadaan alam dan lingkungan sekitar dan mengajak seluruh masyarakat untuk mulai menanam dari pekarangan rumah.

“Kita hidup hanya menumpang pada alam, dan alam bisa hidup tanpa kita. Karenanya saya percaya apa yang manusia lakukan harus kembali lagi ke alam,” kata Dewa, dalam suatu acara diskusi  mengenai urban farming, belum lama ini.

Melalui Infarm yang berfokus menjual peralatan dan bahan berkebun, Dewa menyediakan beragam jenis benih dan perlengkapan urban farming sebagai bagian dari upaya melestarikan alam dari lingkungan terkecil.

 “Tujuan kami adalah membuat makin banyak orang bisa berkebun dari rumah. Hal ini merupakan salah satu komitmen kami untuk melestarikan lingkungan dan mengurangi pemanasan global,” imbuhnya.

Dewa meyakini bahwa upaya sekecil apapun untuk melestarikan bumi akan memberi dampak positif dalam jangka panjang. Saat ini, Infarm telah membangun komunitas untuk mewadahi masyarakat yang ingin menghijaukan bumi dari rumah. (M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat