visitaaponce.com

Ini Ruangan di Rumah yang Bisa Bikin Tanaman Tumbuh Lebih Besar dan Rimbun

Ini Ruangan di Rumah yang Bisa Bikin Tanaman Tumbuh Lebih Besar dan Rimbun
Kombinasi cahaya terang dan kelembapan tinggi dapat membuat banyak tanaman hias tumbuh subur.(123RF)

Banyak orang yang beralih hobi menjadi 'plants parent' alias kolektor tanaman, untuk mengisi waktu di rumah pada masa pandemi covid-19.  Anda barangkali salah satunya. Sekarang, ketika pandemi berakhir dan aktivitas di luar rumah kembali normal, apa kabar anak-anak hijau tersebut?

Nah, waktu libur di akhir tahun ini bisa menjadi momentum untuk menengok kembali tanaman-tanaman Anda yang kemarin agak terbengkalai. Mungkin ada yang perlu diganti media tanamnya atau sekadar dirotasi potnya.

Para ilmuwan telah mengungkapkan satu ruangan di rumah yang dapat memberikan lingkungan dan pencahayaan yang tepat untuk tanaman pot Anda – kamar mandi yang cerah oleh cahaya alami.

Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di Inggris menemukan bahwa ruangan yang lembap dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman hingga lima kali lipat.

Karena banyak orang memilih tanaman tropis sebagai penghias rumah, tim peneliti itu menyarankan agar tanaman diletakkan di ruangan yang terang dan lembap, meniru habitat alami mereka.

"Tanaman yang menyukai kelembapan sangat bagus untuk (ditaruh di) kamar mandi dan akan tumbuh subur karena kamar mandi meniru iklim tropis alaminya," kata Morag Hill, salah satu pendiri The Little Botanical, kepada Homes & Gardens, seperti dilansir Daily Mail, Sabtu (30/12).

"Suhunya sering kali panas, lembap, dan cerah, yang merupakan tiga hal yang dibutuhkan tanaman yang menyukai kelembapan agar bahagia dan sehat."

Sebelumnya, dalam sebuah penelitian lain yang dilakukan pada bulan Februari, para peneliti di Norwegia menemukan bahwa kamar mandi bisa menjadi salah satu ruangan paling lembap di rumah, sehingga terasa seperti rumah bagi tanaman tersebut.

Dan jika banyak orang berbagi kamar mandi, tanaman memiliki lebih banyak kelembapan untuk diserap.

Tiga spesies tanaman hias yang umum hidup dalam kondisi lembab tumbuh jauh lebih besar daripada sepupu mereka yang tumbuh dalam kelembapan lingkungan, menurut sebuah penelitian pada bulan Februari di jurnal Plant, Cell & Environment.

Para peneliti di Universitas Nottingham mengamati tiga tanaman hias yang umum: anthurium, pothos (atau tanaman ivy setan), dan philodendron daun jantung.

Tim menanam tanaman di ruang pertumbuhan khusus sehingga mereka dapat mengendalikan lingkungan.

Satu ruangan dijaga pada kelembapan 45 persen, dan ruangan lainnya dijaga pada 99 persen - dan kedua ruangan menerima jumlah cahaya dan panas yang sama.

Setelah tiga bulan, para ilmuwan mengukur perbedaan antar kelompok.

Tim menemukan bahwa setiap tanaman di ruangan dengan kelembapan tinggi tumbuh lebih banyak dibandingkan tanaman lainnya.

Sirih sirih gading dengan kelembapan rendah tumbuh 432 persen lebih besar selama periode penelitian, sedangkan sirih gading dengan kelembapan tinggi tumbuh 682 persen lebih besar.

Sama dengan philodendron daun jantung.

Spesimen dengan kelembapan rendah tumbuh 114 persen melebihi berat awalnya, namun spesimen dengan kelembapan tinggi meningkat tiga kali lipat: 352 persen.

Anthurium yang tumbuh pada kelembapan tinggi mengalami peningkatan biomassa paling signifikan.

Pertumbuhannya 94 persen lebih besar dari ukuran awalnya, 5,5 kali lebih besar dibandingkan dengan iklim dengan kelembapan rendah, yang hanya tumbuh 17 persen.

Tapi, tidak semua ahli sepakat kalau kamar mandi adalah tempat terbaik untuk tanaman.

"Persepsi bahwa kamar mandi memiliki kelembapan yang lebih tinggi sering kali terlalu ditekankan," kata pakar tanaman hias Darryl Cheng kepada DailyMail.com

Cheng adalah penulis "The New Plant Parent" dan pencipta House Plant Journal.

"Ya, kelembapan meningkat saat mandi tetapi dengan cepat kembali ke suhu dan kelembapan rata-rata ruangan setelah pintu dibuka. Kita tidak boleh memperlakukan kamar mandi seolah-olah kamar mandi selalu memiliki kelembapan yang lebih tinggi dibandingkan bagian rumah lainnya - ini bukan rumah kaca!"

Namun jika kamar mandi Anda memiliki jendela atau jendela atap, tanaman Anda mungkin akan tumbuh subur di sana.

Kombinasi cahaya terang dan kelembapan tinggi dapat membuat banyak tanaman hias tumbuh subur.

Bagaimanapun, cahaya adalah hal yang paling penting untuk dipertimbangkan, kata Cheng - yaitu, ukuran jendela, yang bagi sebagian besar kamar mandi, mungkin bukan yang terbesar.

Solusinya? Tempatkan beberapa tanaman secara bergantian.

"Beli tiga tanaman - simpan dua di ambang jendela besar dan satu di sudut kamar mandi yang gelap," sarannya..

"Setiap satu atau dua bulan, rotasikan tanaman kamar mandi dengan salah satu tanaman di ambang jendela sehingga dapat mengisi kembali tanaman tersebut melalui fotosintesis."

Memiliki dua tanaman dalam keadaan siaga akan memastikan mereka pulih untuk jangka waktu yang cukup lama.

Dan Cheng memiliki tiga tanaman yang menurutnya cukup tangguh untuk bekerja dengan baik dalam rotasi ini: sirih gading, ZZ, dan lidah mertua. (M-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat