visitaaponce.com

Macan Tutul Salju Langka di Afghanistan Dilepasliarkan

Macan Tutul Salju Langka di Afghanistan Dilepasliarkan
Macan tutul salju yang langka(OMER ABRAR / AFP)

Pihak berwenang di Afghanistan menangkap macan tutul salju langka di pegunungan timur laut negara itu dan bersiap melepaskannya kembali ke alam liar setelah dilaporkan membunuh puluhan hewan ternak, kata sebuah kelompok konservasi, kemarn.

Macan tutul yang terancam punah itu ditangkap pada Kamis malam lalu setelah terperangkap di kandang ternak di distrik Zibak di Provinsi Badakhshan. Hewan buas  itu diperkirakan telah memangsa  sekitar 30 ternak warga,” kata wakil gubernur distrik tersebut Abdulrahman Kasra kepada AFP.

“Macan tutul remaja itu diangkut ke ibu kota Provinsi, Faizabad, dan dikurung di kompleks kantor gubernur,” tambahnya.

Baca juga : Penjaga Hutan Meninggal usai Diamuk Gajah di Aceh

Kepala kantor Wildlife Conservation Society di Badakhshan mengatakan seorang dokter hewan telah mengobati cedera ringan pada kaki kucing besar itu dan akan melepaskannya kembali ke alam liar.

“Pihak berwenang telah berjanji kepada kami bahwa mereka akan segera melepaskan macan tutul itu kembali ke distrik Zibak,” kata Khorosh Sahel kepada AFP.

Pegunungan di timur laut Afghanistan adalah salah satu dari sedikit habitat macan tutul yang sulit ditangkap. Hewan itu juga dijuluki "hantu pegunungan".

Baca juga : Basarnas Cari Pria yang Diterkam Buaya di Kolaka Timur

Mereka terdaftar sebagai spesies yang rentan punah oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN), dan jumlahnya menurun akibat dampak perubahan iklim, hilangnya habitat, dan perburuan liar. (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat