visitaaponce.com

Konstruksi Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Mulai Agustus Ini

Konstruksi Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Mulai Agustus Ini
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (tengah) mendengarkan paparan beberapa waktu lalu.(ANTARA/Anis Efizudin)

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui kelompok usahanya PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) mengelola Jalan Tol Yogyakarta-Bawen mulai memasang patok trase sebagai bagian pembangunan proyek jalan tol tersebut. Ditargetkan, konstruksi jalan tol tersebut dimulai Agustus tahun ini.

Pemasangan patok perdana trase Jalan Tol Yogyakarta-Bawen sudah berlangsung di Desa Banyurejo, Sleman, yang merupakan Seksi 1 (Yogyakarta-Simpang Susun Banyurejo) pada Selasa (19/1). "Kami menargetkan, konstruksi Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dapat dimulai pada Agustus 2021," ungkap Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen Mirza Nurul dilansir laman resmi BUMN pada Rabu (20/1).

Dia menyampaikan, setelah pemasangan patok, selanjutnya proses pembebasan tanah yang direncanakan akan dimulai pada Mei 2021. Dalam rangka percepatan pengadaan tanah, PT JJB selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) bersama kontraktor dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah serta Badan Pertanahan Nasional (BPN) mengawal kelancaran pembebasan tanah dengan masyarakat dan pemilik tanah dengan memperhatikan protokol kesehatan selama proses.

“Kami mengharapkan kegiatan pembebasan lahan ini berjalan dengan lancar sesuai dengan target," kata Mirza.

Rencananya, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen akan memiliki panjang total 75,82 km dengan nilai investasi sebesar Rp14,26 triliun dan masa konsesi selama 40 tahun. Jalan tol ini akan melintasi dua provinsi sekaligus, yaitu Jawa Tengah sepanjang 67,05 km dan Daerah Istimewa Yogyakarta sepanjang 8,77 km.

Jaln tol itu terdiri enam seksi yaitu:

1. Yogyakarta-SS Banyurejo (8,25 km)

2. SS Banyurejo-SS Borobudur (15,26 km)

3. SS Borobudur-SS Magelang (8,08 km)

4. SS Magelang-SS Temanggung (16,64 km)

5. SS Temanggung-SS Ambarawa (22,56 km)

6. SS Ambarawa-Interchange (IC) Bawen (5,21 km). (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat