visitaaponce.com

BSI Dukung Pembiayaan Pertashop untuk Pesantren

BSI Dukung Pembiayaan Pertashop untuk Pesantren
Pegawai berjalan di dekat logo Bank Syariah Indonesia seusai peresmian.(Antara)

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) memberikan dukungan pembiayaan Pertashop pada ekosistem pesantren. Selain menggandeng PT Pertamina (Persero), kali ini BSI menggandeng Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).

Kerja sama itu dituangkan dalam nota kesepahaman Pengembangan Bisnis Pertashop dan Fasilitas Pembiayaan di Lingkungan MES Dalam nota kesepahaman, ketiga entitas sepakat untuk berkolaborasi dalam pengembangan bisnis Pertashop. Serta, fasilitas pembiayaan di lingkungan pesantren untuk membangun ekonomi umat bagi UMKM berbasis pesantren.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan dalam acara Silaturahmi Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama MES di kantor BSI pada Jumat (4/6) kemarin. Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan segmen UMKM menjadi salah satu fokus perseroan dalam mengembangkan ekosistem halal yang bermanfaat bagi umat. 

Baca juga: Untuk Kemandirian, 1.000 Ponpes Bakal Miliki Pertashop

Strategi yang dilakukan adalah menumbuhkan segmen UMKM berbasis ekosistem/komunitas dan value chain yang  terintegrasi. "Kami berharap dapat menggali potensi pesantren di seluruh daerah melalui kerja sama dalam pengembangan ekonomi umat, khususnya pengembangan bisnis Pertashop. Penyampaian potensi lokasi hingga penjaringan pesantren," ujar Hery dalam siaran pers, Sabtu (5/6).

BSI pun berupaya mendorong sektor UMKM di Tanah Air untuk berkembang dan naik kelas. Perseroan tidak hanya memberikan dukungan finansial, namun juga pendampingan. Seperti, penyediaan pusat pelatihan dan pendampingan UMKM, serta pelatihan pemasaran produk UMKM. Dengan UMKM naik kelas, diharapkan berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional.

Baca juga: Wapres: Perbankan Syariah Bisa Berbisnis dengan Institusi Negara

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan pihaknya telah membangun kemitraan untuk pembangunan Pertashop. Kehadiran Pertashop diharapkan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan akses BBM yang ramah lingkungan, yaitu Pertamax, dengan harga sama seperti SPBU. Pertamina juga telah membangun Pertashop di pesantren. 

"Hadirnya Pertashop di pesantren dalam jaringan MES, merupakan bentuk komitmen Pertamina sebagai BUMN. Untuk pemerataan energi berkualitas dan menggerakan perekonomian nasional mulai dari tingkat desa, melalui UMKM dan pemberdayaan masyarakat kecil," jelas Nicke.(OL-11)


 

 

 



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat