visitaaponce.com

Inflasi AS Cetak Rekor Tertinggi Baru dalam 40 Tahun

Inflasi AS Cetak Rekor Tertinggi Baru dalam 40 Tahun
Harga bensin ditampilkan pada pengukur pompa di Washington, DC.(AFP/Stefani Reynolds.)

INFLASI Amerika Serikat melonjak ke puncak baru yaitu 9,1% pada Juni. Ini lebih lanjut menekan keluarga Amerika dan menumpuk tekanan pada Presiden Joe Biden yang peringkatnya terpukul dari kenaikan harga tanpa henti.

Data pemerintah yang dirilis Rabu (13/7) menunjukkan kenaikan harga yang tajam. Angkanya lebih cepat dari perkiraan indeks harga konsumen dari bulan sebelumnya didorong oleh kenaikan harga bensin yang signifikan.

Lonjakan inflasi 9,1% selama 12 bulan terakhir hingga Juni menjadi peningkatan tercepat sejak November 1981, Departemen Tenaga Kerja melaporkan. Energi menyumbang setengah dari kenaikan bulanan, karena bensin melonjak 11,2% pada Juni dan 59,9% selama tahun lalu. Harga energi secara keseluruhan mencatat kenaikan tahunan terbesar sejak April 1980.

Perang di Ukraina mendorong harga energi dan pangan global lebih tinggi. Harga bensin AS di pompa bulan lalu mencapai rekor lebih dari US$5 per galon.

Namun, harga energi telah menurun dalam beberapa pekan terakhir. Ini dapat mulai mengurangi beberapa tekanan pada konsumen.

Baca juga: IMF: Prospek Ekonomi Global Suram secara Signifikan

Namun Federal Reserve kemungkinan akan melanjutkan kenaikan suku bunga agresifnya karena mencoba meredam lonjakan harga dengan mendinginkan permintaan sebelum inflasi mengakar. Bank sentral AS bulan lalu menerapkan kenaikan suku bunga terbesar dalam hampir 30 tahun dan para ekonom mengatakan kenaikan tiga perempat poin kemungkinan terjadi akhir bulan ini.

Ian Shepherdson dari Pantheon Macroeconomics menyimpulkan data dalam satu kata, "Aduh." Laporan ini akan membuat pembacaan yang sangat tidak nyaman di The Fed. "Itu mengesampingkan kemungkinan kenaikan Fed hanya 50 poin bulan ini." (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat