visitaaponce.com

Industri Asuransi Jiwa Perlu Pacu SDM Kuasai Teknologi Digital

Industri Asuransi Jiwa Perlu Pacu SDM Kuasai Teknologi Digital
Ketua Bidang Pengembangan dan Pelatihan SDM dan R&D AAJI, David Nolan.(Ist)

ASOSIASI Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyelenggarakan Human Resource (HR) Summit yang bertajuk “Future ofWork” di Shangri-La, Jakarta, Rabu (7/12).

Kegiatan ini merupakan agenda rutin para praktisi Human Resourcessetiap perusahaan asuransi jiwa anggota AAJI guna membuka pola pikir dan bertukar informasi tentang perkembangan yang terjadi saat ini pada ruang lingkup sumber daya manusia (SDM).

Dalam sambutannya, Ketua Bidang Pengembangan dan Pelatihan SDM dan R&D AAJI, David Nolan, mengatakan bahwa saat ini kita semua sedang berpacu dan terus mengembangkan apa yang kita miliki.

“Saat ini teknologi sangat berperan pada setiap aktivitas untuk menunjang pekerjaan," ucap David.

"Inilah saatnya kita untuk mengembangkan para SDM kita untuk dapat terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman yang dinamis dan berdampingan dengan kemajuan teknologi saat ini,” jelas David.

Sementara itu, pengambilan tema “Future ofWork” didasari dengan perubahan budaya dan kebiasaan di dunia kerja pada saat ini.

Baca juga: Biaya MedisTerus Meningkat, BCA Life Luncurkan BCA Life Perlindungan Kesehatan Ultima

Pandemi Covid–19 telah membawa sebagian besar masyarakatke era Internet ofThings(IoT), di mana segala aktivitas dan perilaku manusia mengalami perubahan yang begitu luas dan tentunya memerlukan pemahaman baru dari berbagai sisi.

Dengan adanya IoT, tidak ada cara lain bagi industri selain terus berinovasi dan bertransformasi dari berbagai aspek diantaranya SDM untuk mempertahankan dan memperkuat bisnisnya.

Menyeimbangkan kondisi perkembangan pasar, inovasi industri asuransi perlu dibawa ke arah digitalisasi.

Secara umum, digitalisasi di industri keuangan bukanlah sesuatu yang baru. Penggunaan mobilebanking dan pembayaran secara cashless sudah sangat umum ditemukan di berbagai tempat.

 Industri asuransi jiwa perlu berbenah dan bersiap-siap untuk segera menerapkan hal yang sama dalam menjalankan bisnisnya.

Digitalisasi perlu didukung dengan penguatan kualitas SDM yang harus mampu secara cepat bertransformasi dengan cara kerja yang mendukung digitalisasi.

Seminar ini menghadirkan para speakers yang handal dalam strategi dan pengembangan sumber daya manusia di era digital, di antaranya akan dibahas bagaimana tantangan di era metaverse untuk industri, hingga bagaimana pentingnya

pengelolaan data bagi pengembangan organisasi di suatu perusahaan.

Pada sesi pertama seminar, pembicara Stephen Ng dari Nusameta memaparkan mengenai “The ImpactOfMetaverse In Insurance Industry”.

Pada tema ini, disampaikan apa yang dimaksud dengan era metaverse, apa yang menjadi tren para era metaverse dan bagaimana tantangan dan peluang pada era metaverse dalam ranah SDM.

Covid 19 secara signifikantelah mengubah bagaimana dunia bekerja, teknologi mengambil peran lebih dominan dan setiap individu harus dapat dengan cepat beradaptasi.

Pembicara lain, RandeepSingh, ChiefOperatingOfficer (COO) HONO HR yang berasal dari India melanjutkan sesi pemaparandengan materi “PeopleAnalytics”.

Dalam hal ini perubahan yang diberikan dari adanya pergantian zaman dan tren, maka seorang praktisi human resource karyawan adalah salahsatu “asset” paling berharga yang harus dengan baik dikembangkan.

Human Resource harusmampu melakukan collect data untuk para karyawannya dan mengolahnya hinggamengembangkan bakat dari seorang karyawannya (employeedevelopment).

Strategipengembangan karyawan yang dipikirkan dengan cermat penting di berbagai tingkatan.

Dan ketika dijalankan dengan baik, itu dapat menghasilkan banyak manfaat bagi semuapihak terkait, termasuk karyawan, manajer SDM, dan organisasi yang lebih luas.

Pembicara berikutnya, Candy Dai dan Isdar Andre Marwan (PT Mercer Indonesia) menyajikan pemaparanselanjutnya dengan tema “Keypeopleconsideration in merger &acquisitionandSeparationandtalenttrend”.

Pada sesi ini pembahasan mengarah kepada bagaimana memahamiperubahan ranah talent di industri asuransi mengikuti dengan apa yang terjadi pada globaltalent.

Tahun ini para praktisi SDM menghadapi berbagai tantangan, salahsatunya peningkatan kecepatan dalam berinovasi diperlukan untuk mampu beradaptasi diera digital.

Saat ini insurtech telah hadir pada industri asuransi, hal ini menjadi salah satustrategi dalam peningkatan fokus pada pelanggan, teknologi terdepan, penawaran yanglebih fleksibel, dan tarif yang lebih baik.

Namun dapat menjadi tantangan bagi para individutradisional yang mana memaksa untuk memikirkan kembali strategi untuk dapat bertahandi era digital.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan diskusi berkelompok mengambil model Focus GroupDiscussion (FGD), peserta dibagi menjadi empat kelompok yaituCultureandJob Fit, ProductivityandRewards, Development, WellBeing.

Dalam pidato penutupan, Perwakilan Dewan Pengurus dan Ketua HR Forum Industri Asuransi Jiwa, Eben Eser Nainggolan mengatakan bahwa harapannya dengan adanya HR Summit ini dapat menjadiwadah para praktisi Human Resources dalam upaya peningkatan sumber daya manusia.

“Melalui diskusi hari ini, diharapkan dapat menjawab akan kebutuhan industri dalampeningkatan sumber daya manusia yang mampu berinovasi berbasis digital," katanya.

"Sehingga parapraktisi Human Resources dapat menciptakan dan menerapkan kebijakan-kebijakan diperusahaan yang pada akhirnya mampu menciptakan SDM di industriAsuransi jiwa yang dapat berkontribusi dalam membangun SDM pekerja keras yang dinamis,produktif, terampil, menguasai ilmu pengetahuan dan bertalenta global,” terang Eben.

HR Summit AAJI 2022 didukung oleh para sponsor perusahaan Human Resource nasional maupun internasional di antaranya  HONO Indonesia, PT Mercer Indonesia, PT WillisTowersWatson Indonesia, PT Veris, PT Momenta Indonesia, PT TMF Indonesia, TMF, GlobalExcel Indonesia (PT Prima Sarana Jasa), dan PWC Indonesia. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat