visitaaponce.com

Menhub Pastikan KA Makassar-Parepare yang akan Diresmikan Presiden Sudah Siap

Menhub Pastikan KA Makassar-Parepare yang akan Diresmikan Presiden Sudah Siap
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi(Antara/Hafidz Mubarak)

Presiden Joko Widodo diagendakan meresmikan Kereta Api (KA) Makassar-Parepare lintas Maros-Garongkong, hari ini, Rabu (29/3).

 

Guna memastikan seluruh persiapan sudah beres, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, sehari sebelumnya, telah melakukan pengecekan. Ia juga menjajal kereta rel diesel listrik (KRDE) buatan dalam negeri yang diproduksi PT INKA. Kereta itu akan beroperasi melayani masyarakat dari Depo Maros ke Stasiun Ramang-Ramang, yang terkenal dengan destinasi wisata alamnya.

"Harapan kita Pak Presiden Jokowi hadir untuk meresmikan kemudian menyaksikan keindahan alam di Ramang-Ramang," ujar Budi Karya.

Baca juga: Impor KRL Masih Tunggu Audit, KCI Fokus Optimalkan Layanan

Selain itu, ia juga meninjau Depo Sarana KA di Maros yang merupakan tempat pengujian, pemeriksaan serta perawatan kelayakan operasi sarana perkeretaapian.

Menhub menjelaskan bahwa proyek KA Makassar-Parepare merupakan bagian dari pembangunan KA Trans Sulawesi dan menjadi salah satu proyek strategis nasional.

Baca juga: KAI Gratiskan Tarif Angkut Motor Saat Mudik Lebaran

Dari total jalur KA Makassar-Parepare sepanjang 145 kilometer (km), yang sudah terbangun mencapai 120 km. Adapun, yang telah dan siap dioperasikan sepanjang 80 km dari Stasiun Maros di Makassar sampai Stasiun Garongkong di Kabupaten Barru.

Lebih lanjut Menhub menyebut moda transportasi itu akan melayani penumpang dan juga barang.

"Nanti semen-semen yang dari Bosowa akan diangkut ke Pelabuhan Garongkong menggunakan kereta. Pelabuhan Garongkong juga sudah dipersiapkan," ungkapnya.

Ia pun mengharapkan pengoperasian jalur KA Maros-Garongkong dapat melancarkan pergerakan penumpang dan barang, mendukung potensi pariwisata serta memacu pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Selatan dan sekitarnya. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat