visitaaponce.com

Motoris BBM Hadir Lagi di Jalan Tol saat Mudik Lebaran 2023

Motoris BBM Hadir Lagi di Jalan Tol saat Mudik Lebaran 2023
Pertamina menyediakan sekitar 400 motoris di sejumlah titik jalur mudik se-Indonesia(Antara Foto)

VICE President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, meskipun adanya prediksi bahwa akan terjadi peningkatan volume mudik Lebaran pada tahun ini, namun pasokan BBM memasuki arus mudik Lebaran 2023 dipastikan dalam kondisi aman.

Dijelaskan Fadjar, untuk menjaga persediaan BBM pada masa mudik lebaran pihaknya akan menerapkan sistem pemindahan distribusi, di mana ketersediaan BBM pada SPBU di wilayah jalur mudik akan lebih dimaksimalkan.

"Kami pastikan aman (pasokan BBM). Jadi memang sebenarnya dari trend itu (mudik) sebenarnya kami hanya melakukan pemindahan distribusi," terang Fadjar dalam diskusi daring yang berlangsung Sabtu (15/4).

Baca juga: Arus Mudik Mustahil Lancar,Pemerintah Perlu Imbangkan Penggunaan Jalan Nasional dan Tol

"Jadi kalau misalnya kondisi normal kan distribusi BBM ini merata di seluruh Indonesia. Tapi kalau dalam musim ramadhan dan idul fitri ini memang terjadi pergeseran hanya di lokasi-lokasi yang dilalui arus mudik saja. DKI Jakarta dan wilayah Jabodetabek misalnya (pasokan) menurun," imbuhnya.

Sementara itu, dalam upaya Pertamina untuk memenuhi kebutuhan pengisian BBM bagi Masyarakat yang akan melakukan mudik, Fadjar menyebut bahwa pihaknya juga akan kembali menyiapkan program Pertamina Delivery Service (PDS) di mana pihaknya akan menyediakan motoris pengantar BBM.

Baca juga: Jawa Timur dan Jawa Tengah Rawan Kecelakaan selama Mudik Lebaran 2023

Fadjar menilai, program ini tentunya akan sangat membantu para pemudik yang kehabisan BBM saat kondisi terjebak kemacetan baik di jalan tol maupun di jalur biasa.

"Jadi nanti bagi para pemudik yang kehabisan bahan bakar di tengah jalan baik itu di jalan tol, bisa menghubungi call center pertamina (135). Nanti bisa sebutkan saja lokasinya di mana dan dari pos terdekat motoris kami akan langsung meluncur ke lokasi," jelas Fadjar.

"Kami juga sudah dapat izin dari Korlantas dan Kemenhub bahwa motoris ini bisa masuk ke jalan tol," sambungnya.

Dikatakan Fadjar adapun pihaknya menyediakan sekitar 400 motoris di sejumlah titik jalur mudik se-Indonesia untuk membantu para pemudik yang mengalami kehabisan bensin di tengah jalan. (Rif/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat