visitaaponce.com

50 Ribu Pekerja Rayakan Hari Buruh Bersama, Ini Rute May Day 2023

50 Ribu Pekerja Rayakan Hari Buruh Bersama, Ini Rute May Day 2023
Aksi Hari Buruh di depan Gedung DPR, Jakarta, Tahun 2022.(Antara)

PRESIDEN Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengonfirmasi sebanyak 50 ribu buruh akan menghadiri peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di depan Istana Negara dan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) pada Senin, 1 Mei 2023. Acara tersebut akan dihadiri bakal calon presiden (capres) 2024.

"Untuk di Jakarta, massa buruh ada 50.000 orang. Dari pukul 09.30 WIB sampai dengan 12.30 WIB aksi May Day di Istana dan Gedung MK," ujar Iqbal dalam keterangan yang dikutip, Minggu (30/4).

Ia menyampaikan selepas aksi bersama dengan buruh di depan Istana Negara dan gedung MK, massa akan diarahkan bergerak menuju Istora Senayan, Jakarta Selatan. Nantinya akan ada May Day Viesta di sana dari pukul 13.00 hingga 17.00 WIB. Iqbal mengungkapkan akan ada capres yang berorasi saat May Day Viesta.

Baca juga : Polda Metro Terjunkan 4.200 Personel Amankan Hari Buruh

"May Day Viesta akan diisi pidato dan orasi dari pimpinan buruh. Ada kemungkinan juga ucapan hari buruh internasional dari capres yang sudah diputuskan dalam rakernas partai buruh. Ini rakernas ya belum keputusan Partai Buruh," imbuhnya.

Adapun tuntutan buruh yang disampaikan saat May Day 2023 ialah meminta cabut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja. Lalu mendesak agar Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT) segera disahkan, dan meminta ke masyarakat agar memilih capres yang pro terhadap buruh.

"Partai buruh haram hukumnya berkoalisi dengan parpol yang mengesahkan UU Cipta Kerja," pungkas Iqbal.

Ia menambahkan aksi May Day akan serempak dilakukan di 38 provinsi, baik di level kabupaten dan kota, dengan menyuarakan aspirasi-aspirasi buruh. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat