visitaaponce.com

Anggota DPR Kinerja Pertamina Beri Kontribusi pada Negara dan Rakyat

Anggota DPR: Kinerja Pertamina Beri Kontribusi pada Negara dan Rakyat
Anggota Komisi VII DPR RI Nasyirul Falah Amru(Ist/DPR)

ANGGOTA Komisi VII DPR RI Nasyirul Falah Amru menyampaikan sumbangan Pertamina untuk negara yang mencapai Rp307,2 triliun membuktikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut memberikan kontribusi tak sedikit untuk negara dan rakyat Indonesia.

"Semakin besar kontribusi yang diberikan Pertamina, maka semakin besar pula penerimaan negara. Dengan demikian negara dan masyarakat Indonesia mendapat manfaat dari hasil kinerja Pertamina selama ini," ujar Nasyirul melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (9/5).

Baca juga: Dari Desa Wisata hingga UMKM, Program Pemberdayaan Pertamina Tampil di ASEAN Summit 2023

Legislator yang akrab disapa Gus Falah itu menambahkan kontribusi dari perusahaan pelat merah itu dapat digunakan untuk mendanai pembangunan nasional dan beragam program kerakyatan.

Menurut dia, hal itu menunjukkan, orientasi dari kinerja Pertamina selama ini adalah kesuksesan pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

"Kontribusi Pertamina itu membuktikan bahwa perusahaan fokus dalam meningkatkan kinerja, termasuk kinerja operasional selama 2022. Produksi minyak dan gas mereka kan kita lihat tumbuh 8% dari 2021," ujarnya menanggapi kinerja Pertamina selama 2022.

Baca juga: Kinerja Positif, Pertamina Raih Laba Bersih Rp56 Triliun di Tahun 2022

Sepanjang 2022, kontribusi PT Pertamina (Persero) terhadap penerimaan negara sebesar Rp307,2 triliun, yang terdiri dari pajak, dividen, penerimaan negara bukan pajak (PNBP), minyak mentah dan/atau kondensat bagian negara, dan signature bonus.

Jumlah setoran ke negara tersebut meningkat 83% dibandingkan pada 2021. Khusus setoran pajak, Pertamina pada 2022 membayarkan pajak Rp219,06 triliun atau meningkat 88% dibandingkan pada 2021.

Pada 2022, BUMN energi ini mencatatkan laba bersih US$3,8 miliar atau Rp56,6 triliun meningkat 86% dibandingkan pada 2021.

Hal ini, lanjut anggota DPR Dapil Jatim X itu, karena Pertamina sadar betul, bahwa baik buruknya kinerja mereka berdampak pada pembangunan nasional dan kesejahteraan rakyat. (Ant/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat