visitaaponce.com

Ivendo Usulkan Hari Nasional untuk Seluruh Pekerja Event Lokal

Ivendo Usulkan Hari Nasional untuk Seluruh Pekerja Event Lokal
Acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Halal Bihalal Ivendo di Jakarta, Senin (15/5).(Ist)

SEJAK dicetuskan deklarasi berdirinya Dewan Industri Event Indonesia (Ivendo) pada 8 Agustus tahun 2018, Ivendo yang merupakan wadah untuk para penggiat industri event di Tanah Air, berkomitmen kuat untuk mendukung industri pariwisata.

Sektor ini merupakan salah satu sektor andalan pemerintah Indonesia masa depan untuk mendatangkan kemakmuran dalam arti yang seluas-luasnya.

Potensi yang strategis ini harus didukung tidak hanya dari aspek SDM yang memadai, namun perlu dijuga dikomunikasikan melalui bentuk-bentuk penyelenggaraan acara/event yang dikelola secara profesional dan berskala internasional.

Baca juga: Owner Event Indonesia Akan Bagikan Sedekah di Lima Kota

Sejak dua dekade yang lalu, usaha jasa penyelenggara acara tumbuh kian pesat dan tersebar hampir di seluruh Indonesia.

Demi pengembangan dan pembangunan industri ini di kemudian hari, hadirnya Ivendo dapat mempersatukan para penggiat usaha jasa penyelenggara acara.

Menurut survey Ivendo tentang dinamika industri event di Indonesia 2022-2023 terungkap data bahwa 97.86% penyelenggara event sudah kembali menerima pekerjaan di tahun 2022 yang diselenggarakan di 25 provinsi di seluruh Indonesia.

Baca juga: Temali Indonesia Siap Gelar Indonesia Child and Mother Expo (ICARE) Tahun Ini

Event yang dilaksanakan meliputi Meeting (14.82%), Pameran (12.14%), Incentive (11.61%), Entertainment (11.61%), Festival (9.82%), Konvensi (8.21%), Pelatihan (8,04%), Sport (5.36%), lain-lain (18,40%).

Pada Rakernas dan Halal Bihalal Ivendo di Jakarta, Senin (15/5), Mulkan Kamaludin, Ketua Umum DPP IVENDO menyatakan, “IVENDO tidak sekadar hadir untuk mempersatukan para penggiat event.

Para pekerja kreatif di industri ini perlu mendapatkan dukungan dan apresiasi tinggi karena telah ikut menyumbangkan tenaga, waktu, dan pikirannya sehingga menghasilkan event yang berkualitas dan menghasilkan sumbangsih yang besar untuk terus berjalannya roda perekonomian tanah air.

Tercatat omset dari industri event di tanah air sejumlah130 triliun rupiah per tahun saat sebelum pandemi. Pada tahun 2022, event mulai kembali bergerak maju.

Usulkan Hari Evnet Nasional pada 8 Agustus

Karena itulah, sekarang waktu yang tepat untuk mengusulkan ke pemerintah adanya Hari Event Nasional setiap tanggal 8 Agustus, sebagai upaya untuk mengglorifikasikan bangkitnya industri pariwisata melalui berbagai event yang berkualitas di seluruh nusantara.”

Pada pelaksanaan Rakernas ini, Ivendo mengeluarkan tagline AKTIF, yaitu Aksi untuk Indonesia Kolaboratif. Tagline AKTIF ini merupakan upaya kolaborasi dengan seluruh stakeholders untuk memajukan industri event di Tanah Air.

Baca juga: IVES 2023 Dorong Pemulihan Ekonomi Industri Kreatif Pasca-Pandemi 

Lebih lanjut Mulkan Kamaludin menjelaskan bahwa Ivendo ingin mewadahi indsutri event dan para pekerja kreatifnya agar memiliki standarisasi yang sama dengan pekerja-pekerja luar (asing).

“Kami mengundang asosiasi-asosiasi dan komunitas event di Rakernas ini dan mengajak para pelaku industri event untuk bergerak, rebound dari masa pandemi dan merayakan kebangkitan ekonomi pasca pandemi,” lanjut Mulkan.

Ivendo mengundang 22 asosiasi event, 12 komunitas event, dan 4 lembaga pemerintah dan korporasi. (RO/S-4)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat