visitaaponce.com

UBS Harap Keuntungan US35 Miliar dari Akuisisi Credit Suisse

UBS Harap Keuntungan US$35 Miliar dari Akuisisi Credit Suisse
CEO Credit Suisse Ulrich Korner dalam rapat umum tahunan bank Credit Suisse, di Zurich, pada 4 April 2023.(AFP/Fabrice Coffrini.)

BANK terbesar Swiss, UBS, berharap mengantongi hampir US$35 miliar dari akuisisi saingannya, Credit Suisse. Ini menurut pengajuan peraturan kepada otoritas Amerika Serikat (AS).

Di bawah tekanan dari otoritas Swiss yang khawatir tentang kemungkinan runtuhnya Credit Suisse, UBS setuju untuk membeli pemberi pinjaman bermasalah tersebut seharga US$3,25 miliar. Ini terjadi dalam kesepakatan yang diatur dengan tergesa-gesa pada Maret.

UBS mengatakan dalam dokumen yang diajukan ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS bahwa pembelian tersebut akan menghasilkan negative goodwill. Ini merupakan istilah yang berarti bahwa harga yang dibayarkan untuk membeli suatu perusahaan secara signifikan lebih rendah daripada nilai pasar wajarnya, sehingga menghasilkan keuntungan bagi pembeli. 

Baca juga: Suku Bunga Tinggi, Commerzbank Nikmati Laba Bersih Melonjak

"Karena kondisi transaksi, harga beli akan lebih rendah dari aset bersih yang diakui. Ini mengakibatkan negative goodwill yang dicatat dalam laporan laba rugi pada tanggal penyelesaian," menurut surat kabar yang diajukan Senin (15/5) malam.

UBS menetapkan angka US$34,8 miliar berupa keuntungan yang akan dicatat dalam buku kuartal kedua megabank itu yang akan muncul setelah kesepakatan selesai. Raksasa perbankan tersebut mencatat bahwa angka tersebut masih bisa berubah. UBS juga memperkirakan bahwa kewajiban hukum dapat menelan biaya hingga $4 miliar, menurut kantor berita Bloomberg. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat