visitaaponce.com

Suku Bunga Tinggi, Commerzbank Nikmati Laba Bersih Melonjak

Suku Bunga Tinggi, Commerzbank Nikmati Laba Bersih Melonjak
Logo Commerzbank di Jerman.(AFP/Daniel Roland.)

PEMBERI pinjaman terbesar kedua Jerman, Commerzbank, pada Rabu (17/5) mengatakan laba bersihnya naik hampir dua kali lipat pada kuartal pertama. Ini berkat penarik dari suku bunga yang lebih tinggi.

Grup itu mengatakan mendapat keuntungan sebesar 580 juta euro (US$630 juta) dibandingkan dengan 298 juta euro pada periode yang sama tahun sebelumnya. "Kami memiliki awal yang sangat baik hingga 2023," kata CEO Manfred Knof dalam suatu pernyataan.

"Perkembangan suku bunga terus memberi kami penarik dan bisnis fee memberikan hasil yang baik," katanya. Seperti pemberi pinjaman lain di Eropa, Commerzbank mendapat manfaat dari lingkungan suku bunga yang lebih tinggi karena Bank Sentral Eropa telah menaikkan biaya pinjaman pada tingkat yang belum pernah terjadi dalam beberapa bulan terakhir untuk memerangi inflasi.

Baca juga: Laba Raksasa Reasuransi Jerman Munich Re Jatuh akibat Gempa

Inflasi di Jerman, ekonomi terbesar Eropa, turun menjadi 7,2% pada April setelah memuncak pada 8,8% Oktober lalu.
Commerzbank mengatakan pendapatan kuartalan turun sedikit hingga di bawah 2,7 miliar euro dari 2,8 miliar euro setahun sebelumnya. Pemberi pinjaman mengatakan penurunan itu sebagian karena biaya yang disisihkan untuk menutupi biaya hukum di mBank unit Polandia.

Commerzbank memulai perubahan besar dalam beberapa tahun terakhir, berfokus pada memenangkan pelanggan baru, digitalisasi, dan mengurangi tenaga kerjanya. Bank telah memberhentikan sekitar 9.000 pekerjaan sejak 2021 dari rencana 10.000.

Baca juga: Ekonomi Jepang Tumbuh Lebih Tinggi daripada Ekspektasi

Perombakan tersebut membantu grup tersebut tetap bertahan untuk tahun kedua berturut-turut pada 2022 ketika membukukan laba bersih sebesar 1,4 miliar euro. Commerzbank kembali ke indeks DAX prestisius dari 40 perusahaan terdaftar teratas Jerman pada Februari. Ke depan, Commerzbank menargetkan laba bersih setahun penuh jauh di atas 2022. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat