visitaaponce.com

PTPN IV Resmikan Pabrik Pengemasan Teh Retail di Simalungun

PTPN IV Resmikan Pabrik Pengemasan Teh Retail di Simalungun
PTPN IV meresmikan Pabrik Pengemasan Teh Retail di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.(Dok. Ist)

PT PERKEBUNAN Nusantara IV (PTPN IV) meresmikan Pabrik Pengemasan Teh Retail di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Aksi korporasi itu disebut sebagai bentuk keseriusan perusahaan untuk membawa industri teh kembali berjaya.

Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno mengungkapkan perusahaan berhasil memenuhi standar setelah kadar antrakuinonnya hanya tercatat 0,01 ppm pada 2022. Hal itu membuat produk teh mampu menembus standar Eropa, yakni di bawah 0,02 part per million (ppm).

“Ini menggambarkan bahwa kita sungguh-sungguh menjaga heritage atau warisan yang sudah kita peroleh dari pendahulu kita berpuluh-puluh tahun atau mungkin ratusan tahun lalu, dan ini akan kita jaga seterusnya ke depan,” ungkap Sucipto dalam keterangan tertulis (26/5).

Baca juga: Hari Teh Sedunia, Penjualan Teh di Tokopedia Naik Dua Kali Lipat

Pabrik teh yang terletak di Kecamatan Sidamanik, Simalungun, itu sebenarnya sudah ada sejak zaman kolonial tahun 1926 silam. Ia mulai berproduksi empat tahun berikutnya, tepatnya pada 1930. Setelah dinasionalisasi pasca kemerdekaan RI, pabrik ini memproduksi teh hitam. 

Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan PTPN IV Riza Fahlevi Naim mengungkapkan ada ragam faktor yang membulatkan tekad perusahaan membangun Pabrik Pengemasan Teh Retail. Di antaranya karena peluang profit yang tersaji berkat pergeseran selera konsumsi masyarakat.

Baca juga: Gyeongnam Jakarta Hadirkan Rasa dan Aroma Teh Gyeongnam di Indonesia

“Memang pada tahap awal skala produksi kita terbilang masih kecil. Namun kita optimistis dengan adanya perubahan pola dan tingkat permintaan, Insya Allah pabrik ini kelak akan berkembang besar,” ujar Riza.

Riza menambahkan selama ini, teh kualitas terbaik yang diproduksi PTPN IV cenderung dipasarkan ke luar negeri atau berorientasi ekspor. Tapi kini, produk teh unggulan perusahaan juga hadir di dalam negeri demi menjawab kebutuhan konsumen domestik. Selain itu, pendirian pabrik juga diharap mampu membangkitkan geliat perekonomian setempat serta menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar. (RO/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat