visitaaponce.com

Punya Mata Panda Begini Cara Mengatasinya

Punya Mata Panda? Begini Cara Mengatasinya
Ilustrasi(Freepik)

DARK circles under the eyes atau eye bags atau mata panda adalah kondisi di mana area di sekitar mata seseorang mengalami pewarnaan gelap atau kemerahan. Kondisi ini dapat membuat seseorang terlihat lelah, kurang tidur, atau bahkan tidak sehat.

Keberadaan kantung mata atau yang sering disebut mata panda dapat memberikan kesan wajah yang lesu. Namun, tidak perlu khawatir, karena terdapat beberapa cara untuk mengatasi mata panda yang bisa dicoba. 

Selain faktor pertambahan usia, kondisi seperti kelelahan dan kurang tidur juga dapat menjadi penyebab utama munculnya mata panda.

Baca juga : 3 Tips Menyeduh Teh Celup agar Tidak Jadi Racun bagi Tubuh

Untuk pria dan wanita, masalah ini merupakan masalah yang dapat membuat diri tidak percaya diri, maka dari itu ada beberapa cara dalam mencegahnya sebagai berikut:

Menggunakan tabir surya

Tabir surya memiliki peran penting dalam melindungi kulit dari radiasi cahaya matahari. Radiasi matahari sering menjadi penyebab utama munculnya mata panda. Selain menggunakan tabir surya, disarankan juga untuk menggunakan kacamata hitam dengan perlindungan anti-radiasi sebagai langkah tambahan untuk melindungi mata dari dampak buruk sinar matahari.

Mengurangi rokok dan alkohol

Dikutip dari Cleveland Clinic, mengonsumsi minuman beralkohol dapat mengakibatkan penurunan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Di sisi lain, kebiasaan merokok dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Kedua faktor ini sering diabaikan dan dapat menjadi penyebab munculnya mata panda.

Baca juga : Ini Tips Agar Mata Anda tidak Kering Saat Berkendara

Minum air mineral

Mangkonsumsi air putih atau air mineral dapat membantu menjaga tubuh terhidrasi dengan baik, mengurangi risiko penuaan dini, dan menjaga kelembapan kulit.

Kurangi stres

Mengurangi tingkat stres dapat membantu mencegah munculnya mata panda. Stres dapat mengganggu fungsi tubuh, termasuk kesehatan kulit. Oleh karena itu, penting untuk mengadopsi gaya hidup sehat yang minim stres dan tekanan, serta memberikan waktu untuk melakukan perawatan diri atau self-care.

Jam tidur yang cukup

Dikutip dari laman Lanskin MD menyarankan bahwa tidur yang cukup adalah cara termudah untuk mencegah munculnya mata panda. Setiap orang membutuhkan jumlah waktu tidur yang berbeda-beda, tetapi selalu penting untuk memberikan cukup waktu untuk beristirahat dan tidur, menghindari begadang yang dapat memicu munculnya mata panda.

Baca juga : Dua Cara Ampuh Hilangkan Mata Panda dengan Olahraga Muka

Garam

Mengurangi supan garam yang berlebihan dapat menjadi pemicu munculnya kantung mata dan lingkaran hitam di sekitarnya, membuat bagian tersebut bekerja keras untuk menahan air, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan pada area sekitar mata. 

Teh

Teh menjadi salah satu cara alami dalam mengatasi mata panda, dengan cara menggunakan olesan teh. Kandungan kafein dalam teh dapat membantu mengurangi lingkaran hitam di sekitar mata. Menurut Healthline, antioksidan yang terdapat dalam kafein dapat meningkatkan aliran darah ke kulit, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, serta membantu memperlambat proses penuaan.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan merendam kantung teh dalam air selama 3-5 menit, kemudian letakkan dalam kulkas selama 20 menit. Setelah itu, keluarkan kantung teh dan peras airnya. Oleskan perasan tersebut ke area di bawah mata untuk membantu mengatasi mata panda.

Baca juga : Ini Tips untuk Mengurangi Konsumsi Garam

Kompres air dingin

Suhu dingin air dapat membantu menyusutkan pembuluh darah dengan cepat. Selain itu, mentimun dingin juga dapat digunakan sebagai kompres mata. Cukup bungkus mentimun dengan kain yang lembut untuk melindungi kulit dari paparan dingin berlebihan. Proses ini dapat memberikan efek segar dan membantu mengurangi mata panda.

Begitulah cara untuk mengatasi mata panda, sudah memilih diantarannya? Semoga mata panda menjadi memudar dan dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam melakukan sosialiasi. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat