visitaaponce.com

Produk Binaan PTPN IV Ludes Terjual dalam Ajang PaDi UMKM EXPO 2023

Produk Binaan PTPN IV Ludes Terjual dalam Ajang PaDi UMKM EXPO 2023
UMKM binaan PTPN IV pada ajang PaDi UMKM EXPO 2023(Dok Ist)

PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) melalui Sub Bagian Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) turut berpartisipasi pada ajang Pasar Digital Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau PaDi UMKM EXPO 2023. Acara itu berlangsung selama lima hari di Gedung Sarinah Jakarta.

Pada ajang ini, PTPN IV mempromosikan aneka produk UMKM binaannya. Mulai dari hasil kerajinan tangan hingga kuliner yakni Kukis Hias B’Browns, SAF Handycraft, Bobnecklace, Keripik Pisang Kepok Keling Archila, Peyek Kacang Tanah Rizky Snack, Tebing Batik Collection, dan LH Collection Eco Print.

Produk-produk yang ditampilkan PTPN IV tersebut berhasil menarik perhatian dan antusias pengunjung. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 50% stok langsung ludes pada hari pertama pameran. Ini juga membuktikan bahwa produk UMKM binaan PTPN IV memiliki kualitas yang baik dan gampang diterima konsumen.

Baca juga: Dorong Penguatan UMKM dalam Rangka Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat

“Selain sebagai ajang memperkenalkan produk unggulan UMKM binaan PTPN IV dan UMKM Rumah BUMN Pabatu PTPN IV, kegiatan ini diharapkan dapat memperluas akses pasar dan mendorong UMKM naik kelas,” ujar Senior Executive Vice President (SEVP) Operation II Joni Raja Siregar dalam keterangan tertulis.

Menurut Penjabat Sementara (Pjs) Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan PTPN IV Misran, setiap produk UMKM binaan perusahaan yang diikutsertakan pada ajang PaDi UMKM EXPO 2023 telah memenuhi standar dan kurasi yang sangat ketat. Sehingga semuanya memiliki ciri khas dan karakter tersendiri.

Baca juga: Ibu Negara Ajak Permaisuri Jepang Membatik dan Minum Teh di Istana Bogor

Misalnya produk Batik Tulis Motif Kombinasi Sumatra Utara. Hasil kerajinan ini mengusung corak khas Melayu, Karo dan Tebing Tinggi. Selain itu, produk UMKM binaan PTPN IV juga berupa mengedepankan aspek kelestarian lingkungan, sehingga bahan baku yang dipakai cenderung memanfaatkan limbah daun melalui proses ecoprint.

“Sejauh ini batik dikenal identik dengan kerajinan yang berasal dari daerah Pulau Jawa. Namun seiring bertambahnya kreativitas dan penilaian pasar, ternyata pelaku UMKM PTPN IV juga mampu menciptakan kombinasi batik etnik yang berasal dari daerah Sumatera Utara,” ujar Misran.

PaDi UMKM EXPO 2023 merupakan upaya Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam mengangkat derajat produk-produk UMKM Indonesia. Pada ajang ini, produk dipamerkan secara offline. Sedangkan sistem pembayaran dilakukan secara online melalui platform PaDi.

Kegiatan ini melibatkan berbagai instansi seperti Rumah BUMN, Kementerian Koperasi dan UKM, HIPMI, IWAPI, Dekranas, Bhayangkari, Nahdlatul Ulama, dan Muhammadiyah. (RO/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat