visitaaponce.com

Para Peternak Binaan Daarut Tauhid Tuai Penghasilan Jelang Hari Kurban

Para Peternak Binaan Daarut Tauhid Tuai Penghasilan Jelang Hari Kurban
Idin, 41, peternak dari Tasikmalaya yang sukses mengikuti program Peternak Un99ul dari Daarut Tauhid.(Ist)

PRIA yang berusia 41 tahun yang bernama Idin sudah memelihara domba sejak 11 tahun lalu. Ia bersama ratusan peternak binaan Daarut Tauhid (DT) Peduli di seluruh Indonesia masuk dalam program Peternak Un99ul.

Pria asal Desa Salawu, Tasikmalaya, Jawa Barat, ini mengaku menjadi peternak domba jadi satu-satunya harapannya saat ini. 

Selama 11 tahun, ia mengandalkan domba-domba peliharaannya sebagai sumber penghasilan. Terlebih, menjelang Hari Raya Idul Adha, Idin bisa memanen hasil dari peliharaannya itu.

Baca juga: Peternak Muda Belajar ke Belanda Bareng Frisian Flag 

“Alhamdulillah, setelah mengikuti program ini, kami bisa mendapatkan pelatihan dan pendampingan secara rutin, kami bisa mendapatkan tambahan ekonomi (penghasilan) juga bisa mengikuti kurban tahun ini dari penghasilan program tersebut,” kata Idin dalam keterangan, Kamis (22/6/).

Idin memelihara 30 domba bersama Lukman, 58, di Tasikmalaya. Domba-domba itu mereka rawat hingga saat Idul Adha tiba maupun sesuai permintaan.

Dari Domba, Para Peternak Bisa Sekolahkan Anak-anak

Dari domba-domba titipan itulah, para peternak kecil ini mampu menyekolahkan anak-anak mereka dan menjaga dapur rumah mereka tetap mengepul.

Baca juga: Petani Milenial asal Kasembon, Malang, Sukses Budi Daya Kambing Perah

Hasil jerih payah mereka ini pun, tahun ini mereka bisa berqurban dengan domba terbaik. Selain diberikan hewan ternak, mereka juga dibina dan dibekali ilmu agama dari program Peternak U99ul Daarut Tauhid.

Direktur Utama DT Peduli, M Bascharul Asana, mengaku Un99ulkan Qurban berupaya memberikan lebih banyak manfaat. Tak hanya orang yang ingin berkurban, tapi juga bagi penerima manfaat program Peternak Un99ul DT Peduli.

"DT Peduli menggunakan hewan-hewan dari program pembinaan Peternak Un99ul untuk kurban reguler. Sementara untuk yang kurban hemat, dipasok melalui vendor-vendor peternak yang qualified, terutama di kawasan Indonesia timur," ujarnya.

Baca juga: Cijengkol Terpilih sebagai Desa BSI Pengembangan Domba Kambing

Saat memilih Un99ulkan Qurban DT Peduli, ratusan peternak kecil di pedesaan bisa memanen hasil jerih payah mereka.

"Tak hanya itu, kurban turut dirasakan saudara-saudara kita di berbagai pelosok negeri hingga daerah yang jauh dari jangkauan," katanya menegaskan.

Ia menjamin kurban yang ditawarkan sesuai syariat. Dari mulai kriteria atau syarat sah hewan qurban, proses penyembelihan, hingga pendistribusian. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat