visitaaponce.com

Teten Dorong Koperasi Petani Terlibat dalam Hilirisasi Sawit

Teten Dorong Koperasi Petani Terlibat dalam Hilirisasi Sawit
Menkop-UKM Teten Masduki(MI/Ramdani)

MENTERI Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mendorong koperasi petani terlibat dalam hilirisasi sawit. Para petani dapat mendirikan pabrik sendiri dalam memproduksi crude palm oil (CPO) atau minyak kelapa sawit maupun minyak makan merah.

Teten menyebut selama ini hanya perusahaan atau industri besar saja yang mengoperasikan pabrik CPO dan mengolah produk turunannya. Pemerintah pun mengajak petani sebagai ujung tombak dalam produksi kelapa sawit berpartisipasi pada program hilirisasi tersebut.

"Kalau dulu kan petani hanya bisa menanam sawitnya, nanti mereka bisa membangun dan mengolah pabrik CPO dan turunannya. Jadi, jangan dilihat hilirisasi itu dikerjakan oleh perusahaan besar atau hilirisasi hanya mineral mentah saja," ujarnya saat ditemui di Kantor Kemenkop UKM, Jakarta, Selasa (11/7).\

Baca juga : Harga Minyak Naik Dipicu Pemotongan OPEC+ dan Pelemahan Dolar AS

Teten berpandangan dengan adanya program hilirisasi sawit menjadi strategi pemerintah untuk meningkatkan nilai tambah komoditas petani dan kesejahteraan petani.

"Dampaknya ini nilai tukar petani juga membaik. Tidak hanya menjual tandan segar saja, tapi bisa mengolah pabrik CPO untuk mendapat keuntungan," jelasnya.

Baca juga : Mendagri Tegaskan Desa adalah Sentra Baru Ekonomi

Teten menambahkan nantinya para petani sawit membangun pabrik CPO dan mengolah produk turunannya dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang luas. Ia menegaskan Kemenkop UKM berupaya mengkonsolidasi petani perorangan untuk menggerakan program hilirisasi sawit.

"Kami akan berupaya mengkonsolidasi petani perorangan ini, karena 400 hektare lahan itu melibatkan 600 petani. Dengan demikian, kita juga mendorong kualitas lapangan pekerjaan ke depannya," pungkasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat