visitaaponce.com

BPSDM Kemendagri Dukung Wara Wiri Festival Ekonomi Kreatif untuk Promosi Karya Anak Bangsa

BPSDM Kemendagri Dukung Wara Wiri Festival Ekonomi Kreatif untuk Promosi Karya Anak Bangsa
BPSDM, Kemendagri, menerima kunjungan istimewa dari Wara Wiri Festival Ekonomi Kreatif (WWEFeskraf) dan Wara Wiri Budaya pada Selasa (18/7)(Ist/Kemendagri)

BADAN Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerima kunjungan istimewa dari Wara Wiri Festival Ekonomi Kreatif (WWEFeskraf) dan Wara Wiri Budaya pada Selasa (18/7).

Pertemuan ini berlangsung di Gedung A Lantai 2 Ruang Cenderawasih BPSDM Kemendagri, Jalan Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk meminta dukungan dari BPSDM Kemendagri terkait fasilitas untuk kegiatan konferensi pers dan soft launching acara Wara Wiri Festival Ekonomi Kreatif yang akan diadakan pada 24 - 26 November 2023 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Baca juga: Tingkatkan Inovasi di Pohuwato, BSKDN Kemendagri Tekankan Kolaborasi Lintas OPD

Dalam pertemuan ini, BPSDM Kemendagri dengan antusias menyambut Komunitas Wara Wiri Festival Ekonomi Kreatif yang dipimpin Direktur Wara Wiri Feskraf dan dihadiri oleh tim serta beberapa wartawan terkemuka, termasuk Suara Merdeka dan Radio Republik Indonesia (RRI). Pertemuan ini juga dihadiri oleh Kepala Bagian Integrasi BPSDM Kemendagri, didampingi oleh Pranata Humas Ahli Muda.

Lestarikan Budaya Minang

Selama pertemuan, poin-poin utama yang dibahas meliputi informasi mengenai program Wara Wiri Budaya dan upaya menjalin kerja sama dalam rangka mempromosikan dan melestarikan kekayaan budaya Minang.

Wara Wiri Budaya, yang didukung oleh Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena dan Sumbar Talenta Indonesia, hadir sebagai wadah yang menghubungkan antara pelaku bisnis, pemerintah, dan dunia seni budaya dengan melibatkan para pelaku ekonomi kreatif dari berbagai sub-sektor. WWEFeskraf akan memamerkan puluhan seni tradisional dan kontemporer yang akan disaksikan oleh ribuan pengunjung dari berbagai lapisan masyarakat.

Baca juga: Ditjen Bina Pemdes Kemendagri Serap Aspirasi Dusun Suku Anak Dalam

Direktur Wara Wiri Festkraf, Sastry Bakri, menyampaikan bahwa Wara Wiri Budaya bertujuan untuk menciptakan ruang yang hangat antara pelaku budaya dan ekonomi, agar dunia bisnis dapat menyentuh seni budaya serta untuk pengembangan sastra dan seni sebagai kebanggaan budaya produk lokal.

Siap Raih Rekor MURI

Sastry Bakri juga menjelaskan tentang acara utama, yang mencakup pembukaan orchestra Wara Wiri perkusi pada hari pertama untuk meraih rekor MURI, popularisasi permainan kim pada hari kedua, dan konser kolaborasi antara penyanyi senior dan junior pada hari ketiga. Mereka membutuhkan dukungan pemerintah dalam mempromosikan acara ini.

Baca juga: Sertifikasi SDM Ekonomi Kreatif Harus Mampu Dorong Pelestarian Nilai Budaya

BPSDM Kemendagri, sebagai bagian dari dukungan terhadap acara Wara Wiri Festival Ekonomi Kreatif, menyatakan kesiapannya dalam menyediakan fasilitas yang diperlukan, termasuk ruang dan peralatan untuk keperluan konferensi pers dan soft launching acara tersebut, yang akan diadakan di Kantor BPSDM Kemendagri.

Kemendagri Siap Mendukung

Melalui kegiatan soft launching ini, diharapkan dapat menarik perhatian publik dan mendapatkan liputan media yang luas sebagai langkah positif dalam pelestarian budaya Indonesia.

Baca juga: Kemenparekraf dan Pemkot Pagaralam Gelar Festival Kopi dan Ekraf Dempo

Dalam kesimpulan rapat, BPSDM Kemendagri menegaskan peran pentingnya dalam memberikan dukungan dalam promosi dan pelestarian warisan budaya, serta memfasilitasi berbagai kebutuhan pengembangan budaya yang dibutuhkan.

WWEFeskraf berharap dapat mendapatkan dukungan dan partisipasi yang lebih luas dari masyarakat dan pemerintah pusat dalam mempromosikan hasil karya anak bangsa melalui kegiatan yang akan diselenggarakan pada bulan November mendatang. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat