visitaaponce.com

Kemenparekraf dan Pemkot Pagaralam Gelar Festival Kopi dan Ekraf Dempo

Kemenparekraf dan Pemkot Pagaralam Gelar Festival Kopi dan Ekraf Dempo
Tumbuk kopi sebagai tanda dimulaainya Coffee Festival di Kota Pagaralam(MI/Dwi Apriani)

PEMERINTAH Kota Pagaralam, Sumatra Selatan menggelar kegiatan Pagaralam Coffee Festival Edisi ke-4 dan Festival Ekraf Dempo 2023, kemarin. Kegiatan ini bertema Menggali Kearifan Lokal Menuju Pasar Global.

Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif Republik Indonesia berkaloborasi dengan Pemerintah Kota Pagaralam. Ada beberapa kegiatan yang diadakan pada festival yaitu Talk Show, Workshop Barista, Demo kopi, Fun Cupping, Pop-up Kopi, Pameran Kopi dan Produk-produk Ekraf.

Kemudian ada pentas seni perlombaannya berupa Lomba Barista, Lomba Fotografi dan Lomba Fashion Show. Wali Kota Alpian Maskoni menyambut baik dan mengapresiasi semua pihak yang terlibat guna terlaksana dan suksesnya festival tersebut.

Baca juga : Kopi Fest Indonesia 2023 Siap Kunjungi Empat Kota Besar di Indonesia

"Kami percaya bahwa nilai-nilai dan kearifan lokal Kota Pagaralam adalah pondasi yang kuat untuk memungkinkan kami mampu bersaing dan unggul dalam persaingan global terutama produk unggulan kopi Pagaralam," jelasnya.

Pada festival itu para peserta dan masyarakat Kota Pagaralam tidak hanya mendapatkan berbagai pengetahuan, keterampilan dan pengalaman, tetapi juga diharapkan mampu membangkitkan semangat komunitas ekonomi kreatif di Kota Pagaralam.

Baca juga : Dukung Pangan Murah Kota Bogor, Polbangtan Hadirkan Kopi Deadcobean 

"Festival ini merupakan titik balik dalam sejarah Kota Pagaralam yang merupakan salah satu daerah penghasilan kopi di Sumatra Selatan," terangnya.

Pemerintah Kota Pagar Alam juga memberikan bantuan berupa mesin huller dan bibit tanaman naungan yaitu durian dan alpukat kepada sejumlah petani kopi Kota Pagaralam.

"Kami berharap agar Festival Kopi dan Ekraf Dempo 2023 ini menjadi perhatian dan daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara," pungkasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat