visitaaponce.com

Pilot Jet Tempur Sebut Lalu Lintas Udara Jakarta Sangat Padat

Pilot Jet Tempur Sebut Lalu Lintas Udara Jakarta Sangat Padat
Pesawat tempur Rafale(AFP)

Salah satu pilot pesawat tempur Rafale, Kapten Rayak, mengaku menemui tantangan saat terbang dan memasuki ruang udara Jakarta. Menurutnya, lalu lintas udara di ibu kota sangat padat.

"Ketika saya mendekat Jakarta itu lalu lintas penerbangannya sangat padat," ujar Rayak di Terminal Selatan Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Rabu (26/7).

Selain kepadatan, ia juga menyoroti soal polusi udara yang menurutnya begitu terlihat. Namun, itu tidak menjadi kendala apalagi sampai mengganggu jarak pandang.

Baca juga: Pengadaan Pesawat Militer Baru Dinilai Lebih Efektif Ketimbang Bekas

Rafale merupakan pesawat tempur segala peran (multirole) yang dioperasikan Prancis sejak 2004. Hingga 2018, Prancis mengoperasikan sedikitnya 132 unit Rafale untuk Angkatan Udara dan 48 unit untuk Angkatan Laut Prancis.

Beberapa negara lain pun tertarik menggunakan Rafale sebagai pesawat tempur mereka, seperti Mesir, Qatar, India, dan Indonesia.

Baca juga: Jet Tempur Mirage 2000 Jadi Salah Satu Pilihan untuk Perkuat TNI AU

Kementerian Pertahanan sebelumnya telah menandatangani kontrak kerja sama pembelian enam pesawat tempur generasi 4,5 Rafale. Selanjutnya, akan disusul dengan kontrak 36 pesawat lagi. Indonesia juga bekal mendapat dukungan latihan persenjataan dan simulator yang dibutuhkan. Selain pembelian pesawat, terdapat juga penandatanganan nota kesepahaman antara
Dassault Aviation dengan PT Dirgantara Indonesia, yang menyepakati pemeliharaan dan perbaikan pesawat tempur Prancis di Indonesia. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat