visitaaponce.com

Soal Kenaikan Gaji ASN, Menpan Rebiro Sudah Lama Tidak Naik

Soal Kenaikan Gaji ASN, Menpan Rebiro: Sudah Lama Tidak Naik
Menpan RB Abdullah Azwar Anas.(Antara)

MENTERI Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan Rebiro) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan alasan pemerintah menaikkan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN). Pandemi covid-19 disebut menjadi alasan terkuat dari keputusan itu.

"Sudah lama sekali kan (tidak naik gaji). Kan kemarin masih covid, ada banyak prioritas yang dikerjakan. Ini kan sebenarnya yang tertunda beberapa tahun kemarin," ujarnya saat ditemui pewarta di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (16/8).

Namun Anas enggan mengungkapkan berapa besar kenaikan gaji amtenar yang telah ditetapkan pemerintah. Hal itu, sebutnya, akan disampaikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo saat menyampaikan Nota Keuangan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Baca juga: 50 Persen ASN DKI akan Lakukan WFH Antara 28 Agustus dan 7 September

"Kita lihat nanti siang, kita tunggu Presiden. Kalau tidak (begitu), tidak ada kejutan," tuturnya.

Anas berharap kenaikan gaji itu akan memicu semangat ASN untuk meningkatkan kualitas kerja dan pelayanan kepada masyarakat. Hal tersebut menurutnya dapat ditunjukkan dengan penyederhanaan proses bisnis.

Baca juga: Kemenag Ajak ASN Ikut Seleksi Terbuka Calon Dirjen Bimas Katolik, Ini Syaratnya

Kenaikan upah ASN itu juga diharapkan dapat mendorong para amtenar untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital. "Maka di penerimaan ASN baru akan ada talenta digital yang akan direkrut. Karena dnegan digitalisasi ini banyak memangkas proses bisnis dan mengurangi tenaga ASN yang tidak produktif," pungkas Anas.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat