visitaaponce.com

2024, Presiden Jokowi Ingin Perbanyak Produk Bernilai Tambah Tinggi

2024, Presiden Jokowi Ingin Perbanyak Produk Bernilai Tambah Tinggi
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan RUU APBN 2024 dan nota keuangan di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (16/8).(AFP/Adek Berry)

UNTUK memperbanyak aktivitas ekonomi bernilai tambah tinggi menjadi salah satu target Presiden Joko Widodo, di tahun depan. Kebijakan hilirisasi sumber daya alam, misalnya, menjadi salah satu strateginya.

"Dukungan fiskal telah diberikan berupa insentif perpajakan dan berbagai insentif fiskal lainnya," kata Jokowi dalam Pidato Penyampaian Keterangan Pemerintah atas RUU APBN Tahun Anggaran 2024, Beserta Nota Keuangan di Rapat Paripurna DPR RI, Rabu (16/8)

Pemerintah, kata Jokowi, telah memberikan dukungan terhadap pengembangan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Hal ini untuk mendorong percepatan transformasi ekonomi untuk penciptaan nilai tambah yang tinggi, perluasan kesempatan kerja, dan penggunaan energi yang ramah lingkungan sehingga dapat menurunkan emisi, serta efisiensi subsidi energi.

Baca juga : Presiden: Indonesia Jadi Bangsa Pemalas Jika Hanya Jual Bahan Mentah

Dukungan terhadap pengembangan ekosistem industri KBLBB juga dilakukan di banyak negara seperti di Amerika Serikat, Eropa, Tiongkok, dan beberapa negara tetangga kita seperti Vietnam, Thailand, dan Malaysia.

Sehubungan dengan hal tersebut, Pemerintah memperkenalkan serangkaian insentif yang diarahkan baik dari sisi supply maupun demand untuk menstimulus investasi dan penggunaan kendaraan listrik oleh masyarakat secara luas.

Baca juga : Pasar Mineral Energi Bersih Melonjak hingga US$320 Miliar

Industri pertahanan keamanan juga terus didorong agar maju dan mandiri dengan dukungan APBN, antara lain dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan alutsista secara bertahap dengan didukung industri pertahanan dalam negeri untuk memenuhi kekuatan pokok minimum. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat