visitaaponce.com

Muamalat Institute Genjot Literasi keuangan Syariah lewat Kompetisi MIKIR

Muamalat Institute Genjot Literasi keuangan Syariah lewat Kompetisi MIKIR
Kompetisi MIKIR 2023 yang digelar Muamalat Institute(Dok. Bank Muamalat)

PENDIDIKAN di Indonesia mengandung unsur knowledge, skill, & attitude yang terpadu dalam kreativitas dan kepribadian pelajar. Hal tersebut menuntut agar peningkatan mutu di bidang pendidikan harus selalu dibina untuk mendorong meningkatkan motivasi berprestasi pelajar di bidang akademik dan membantu meningkatkan indeks literasi dan inklusi keuangan syariah

Program literasi ekonomi dan keuangan syariah ini dikemas melalui program kompetisi yaitu Muamalat Institute Kuis Interaktif (MIKIR). 

Program MIKIR 2023 menarik lebih dari 500 pendaftar yang berasal dari 205 perguruan tinggi dan SMA/SMK/Sederajat di 23 provinsi seluruh Indonesia.

Baca juga : Wapres Sebut Pengaruh Ekonomi Syariah Indonesia Diakui Dunia

Kompetisi MIKIR merupakan kuis interaktif yang kekinian dan menyenangkan bagi para pelajar di tingkat perguruan tinggi dan SMA/SMK/Sederajat di seluruh Indonesia untuk mengikuti program ini khususnya dalam mengasah kemampuan berpikir cepat dan tepat terkait topik-topik keuangan syariah baik perbankan syariah, pasar modal syariah, IKNB Syariah dan lainnya. 

MIKIR kembali berkolaborasi dengan para stakeholder seperti Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Bank Muamalat Indonesia (BMI), Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia (YEWI), Islamic Insurance Society (IIS), Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI). 

Baca juga : Pemerintah Serap Rp6 Triliun dari Lelang 6 Seri SBSN

Kepala Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia Ekonomi Syariah KNEKS Mohamad Soleh Nurzaman mengatakan, keberhasilan industri keuangan syariah juga terletak dari literasi masyarakat untuk merasa percaya dan nyaman dengan produk dan layanan keuangan syariah. 

"Oleh karena itu, pendidikan dan sosialisasi tentang nilai-nilai dan manfaat keuangan syariah menjadi kunci, dimana salah satunya diberikan oleh program MIKIR yang diselenggarakan Muamalat Institute," katanya.

Direktur Eksekutif Muamalat Institute & Head of Human Capital Strategy & Development Bank Muamalat Indonesia, Anton Hendrianto menambahkan, kompetisi itu ditujukan untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi syariah. 

Ia mengapresiasi para peserta MIKIR yang telah memberikan sumbangsih untuk melakukan literasi keuangan syariah melalui sosialisasi Gerakan Literasi Keuangan Syariah (GEULIS). 

"Terbukti program MIKIR 2023 berhasil membantu peningkatan literasi di Indonesia dengan menyumbang sebanyak lebih dari 2.800 orang telah mengikuti sosialisasi GEULIS dari total lebih dari 16.000 orang yang telah terliterasi keuangan syariah di Indonesia melalui program GEULIS yang dilakukan oleh Muamalat Institute dan Bank Muamalat," ujarnya.

Niken Novita Sari mahasiswa dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai Juara pertama MIKIR 2022 juga mengatakan, kompetisi itu memberikan pengalaman yang luar biasa, khususnya ketika menjadi Direktur Eksekutif Muamalat Institute.

"Saya harap program MIKIR ini terus diadakan setiap tahun karena menjadi ajang untuk mahasiswa dan pelajar dalam meningkatkan pengetahuan dalam industri keuangan syariah karena MIKIR bukan hanya kompetisi, tetapi juga peluang pembelajaran dan pengembangan yang berharga bagi para mahasiswa yang tertarik pada keuangan syariah," ujarnya.

Kedepannya Bank Muamalat Indonesia dan Muamalat Institute terus mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah melalui program-program Link and Match Kampus dan Industri seperti Muamalat Enlightenment Campaign Program (MINTERIN), Muamalat Indonesia Kompeten (MIKO), Muamalat Institute Kuis Interaktif (MIKIR), Muamalat Institute Movement Entrepreneur Incubator (MIMPI) hingga Dosen Tamu. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat