visitaaponce.com

DPR Tak Hanya Sosialisasi, UMKM Juga Butuh Workshop

DPR: Tak Hanya Sosialisasi, UMKM Juga Butuh Workshop
Anggota Komisi VI DPR RI Harris Turino.(Ist/DPR)

Anggota Komisi VI DPR RI Harris Turino meminta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah (Kemenkop UKM) untuk memperbanyak workshop atau pelatihan kepada pelaku UMKM.

Harris menilai, pelatihan bagi pelaku UMKM sangat dibutuhkan dibandingkan hanya sekadar sosialisasi seperti yang selama ini telah dilakukan Kemenkop UKM.

"Selama ini kan kita banyak sosialisasi, rasanya, disamping sosialisasi ada hal yang sangat dibutuhkan oleh warga, yaitu workshop. Pelatihan-pelatihan yang sederhana untuk para pelaku UMKM," ujar Harris dalam Raker dengan Kemenkop UKM dan Kementerian Investasi di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Senin (4/9).

Baca juga: Baru 25 Ribu UMKM yang Berhasil Dapat Sertifikasi Halal

Politikus dari Fraksi PDI-Perjuangan ini menjelaskan, adanya pelatihan-pelatihan sederhana dapat memicu UMKM baru sehingga berdampak dalam mengurangi angka pengangguran.

Ia mengusulkan Kemenkop UKM untuk mengadakan pelatihan seperti pelatihan menjahit, kecantikan hingga pelatihan las.

Baca juga: Pemerintah Kaji Ulang Kebijakan Ekonomi Digital Agar Untungkan UMKM

"Dan ini seharusnya menjadi bagian dari Kementerian UMKM. Jadi  wujudnya workshop dan saya sangat mengharapkan bahwa ini bisa direalisasikan di luar sosialisasi yang selama ini dilaksanakan," harapnya.

Diketahui, dari pagu anggaran Kemenko UKM tahun 2024 sejumlah Rp1,4 triliun, sebanyak Rp1 triliun digunakan untuk program kewirausahaan, UMKM dan Koperasi.

Sedangkan Rp 400 miliar sisanya digunakan untuk program dukungan manajemen Kemenkop UKM. Dari Anggaran tersebut, sebanyak Rp767 miliar digunakan untuk program prioritas nasional. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat