visitaaponce.com

Dukung Daur Ulang. BCA Expo 2023 Kumpulkan Lebih dari 3.500 Sampah Botol Plastik

Dukung Daur Ulang. BCA Expo 2023 Kumpulkan Lebih dari 3.500 Sampah Botol Plastik
Antrean pengunjung terlihat dalam beberapa kesempatan di depan mesin RVM Bakti BCA.(Ist)

TIDAK  hanya melihat deretan mobil dan rumah idaman dengan suku bunga spesial, pengunjung BCA Expo 2023 turut antusias memanfaatkan sejumlah mesin besar berwarna biru di beberapa titik.

Mesin tersebut merupakan mesin penukaran botol plastik atau Reverse Vending Machine (RVM) yang disediakan Bakti BCA selama tiga hari penyelenggaraan BCA Expo 2023 di ICE BSD, berkolaborasi dengan Plasticpay.

Antusiasme pengunjung BCA Expo 2023 terlihat dari antrean penukaran sampah plastik yang mengular di beberapa kesempatan.

Baca juga: Menko PMK: Sampah Plastik Menyusup sampai ke Darah Kita

Belum sampai tiga hari, jumlah sampah botol plastik yang terkumpul di BCA Expo 2023 hingga Minggu (10/9) siang mencapai lebih dari 3.500 botol atau setara dengan lebih dari 65 kilogram (kg).

Jumlah botol plastik yang terkumpul di RVM diperkirakan masih akan terus bertambah, seiring masih berlangsungnya BCA Expo 2023 hingga Minggu malam.

Ajak Masyarakat Kumpulkan Sampah Plastik

Sebagai informasi, Plasticpay merupakan gerakan sosial berbasis platform digital, untuk mengajak masyarakat untuk secara kolektif mengumpulkan sampah plastik, yang kemudian akan didaur ulang menjadi eco friendly fibers sebagai bahan dasar produk-produk ramah lingkungan.

Baca juga: Mobil Listrik dari Hyundai hingga BMW Meriahkkan BCA Expo 2023

Sampah botol plastik yang dikumpulkan juga bisa ditukarkan oleh pengunjung BCA Expo 2023 menjadi Plasticpay Point, melalui aplikasi Plasticpay. Plasticpay Point ini nantinya dapat dikonversikan menjadi pundipundi rupiah ke rekening bank, dompet elektronik, hingga pulsa, dan donasi.

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan, "Selain menghadirkan promo-promo menarik bagi segenap nasabah di BCA Expo 2023, BCA juga menggandeng Plasticpay untuk mengumpulkan dan mendaur ulang sampah plastik dari pengunjung."

"Upaya ini selaras dengan komitmen Bakti BCA, khususnya melalui pilar Bakti Lingkungan, untuk senantiasa berkontribusi positif terhadap pelestarian alam dan lingkungan,” kata Hera dalam keterangan pers, Kamis (14/9).

Baca juga: Strategi P&G Mengintegrasikan Sustainability dan Ekonomi Sirkular ke dalam Bisnis

Selain di BCA Expo 2023, sebelumnya Bakti BCA telah menggandeng Plasticpay di ajang Gebyar BCA Merah Putih, di kawasan car free day Jakarta, Minggu 27 Agustus 2023 lalu. Kolaborasi yang telah terjalin dalam beberapa kesempatan meneguhkan konsistensi BCA dalam menjaga lingkungan dalam setiap kegiatannya.

Kurangi Jumlah Sampah Plastik

"Kolaborasi Bakti BCA dan Plasticpay ini diharapkan dapat mengurangi jumlah sampah plastik, sekaligus mempromosikan nilai ekonomi sirkular kepada masyarakat. Kami ingin sedikit mengedukasi kepada masyarakat, khususnya para pengunjung BCA Expo 2023, bahwa menjaga lingkungan pun dapat bernilai ekonomi," tambah Hera.

Sementara itu, CEO Plasticpay Suhendra Setiadi mengapresiasi langkah BCA yang menggandeng Plasticpay di BCA Expo 2023 dengan menghadirkan mesin RVM.

Baca juga: Jumlah Timbulan Sampah Plastik RI Naik Signifikan

“Kami berterima kasih kepada BCA yang telah bergerak bersama kami dalam menggaungkan pentingnya menjaga lingkungan sekaligus menyebarluaskan manfaat ekonomi sirkular ke masyarakat," jelasnya.

"Kami siap untuk mendukung BCA dalam melakukan sustainable practice, serta mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk melakukan perubahan perilaku terhadap sampah plastik,” tukas Suhendra. (RO/S-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat