visitaaponce.com

Presiden Panggil Menteri untuk Bahas Masa Depan TikTok di Indonesia

Presiden Panggil Menteri untuk Bahas Masa Depan TikTok di Indonesia
Pedagang menjual produk mereka melalui aplikasi daring.(MI/Ramdani)

Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas terkait perniagaan sistem elektronik di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (25/9). Salah satu isu yang bakal dibahas adalah terkait masa depan aplikasi TikTok di Indonesia.

"Ya, soal tiktok," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Menurut Budi Arie, salah satu rencana ke depan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membentuk satuan tugas (satgas). "Tunggu saja. Belum dirapatkan," tandasnya.

Baca juga: UMKM Terdampak Aktivitas E-Commerce, Presiden: Aturannya Tengah Difinalisasi Lintas Kementerian

Dalam rapat itu hadir pula Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, persoalan terkait invasi penjualan daring yang merusak pasar dan industri UMKM Tanah Air menjadi perhatian serius Kepala Negara. Jokowi menyebut Tiktok shop dan aplikasi serupa lainnya membuat omzet pelaku UMKM berkurang drastis. 

Baca juga: Tiktok Shop: Ancaman Terhadap Ekosistem Bisnis Lokal

Selain itu, penjualan barang-barang di toko luring seperti pasar tradisional pun belakangan ini mengalami penurunan.

"Itu berefek pada UMKM, pada produksi di usaha kecil, usaha mikro dan juga pada pasar. Di beberapa pasar sudah mulai anjlok menurun karena serbuan. Mestinya ini kan dia itu sosial media, bukan ekonomi media," ujar Presiden Jokowi disela-sela kunjungan kerja meninjau jalan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat