visitaaponce.com

Pemerintah Siapkan Mitigasi Respons Pelemahan Rupiah terhadap Dollar

Pemerintah Siapkan Mitigasi Respons Pelemahan Rupiah terhadap Dollar
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan langkah pemerintah antisipasi pelemahan nilai tukar rupiah(MI/Indriyani Astuti)

MENTERI Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah menyiapkan langkah mitigasi dengan menyinkronkan kebijakan fiskal dan moneter merespons penguatan dolar AS terhadap rupiah.

Seperti diberitakan, saat ini nilai tukar rupiah terhadap dolar AS mencapai hampir Rp16.000. Menkeu menjelaskan terjadi fenomena global

"Kita akan terus menyinkronkan kebijakan moneter dan fiskal agar dalam situasi di mana pemacunya adalah negara seperti Amerika Serikat, dampaknya bisa kita mitigasi dan kita minimalkan," ujar Menkeu seusai memberikan laporan pada Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (23/10).

Baca juga : Mengapa Rupiah Rentan Tertekan Isu Apapun? Ini Alasannya

Sri menjelaskan fenomena global yang terjadi saat ini, Amerika Serikat masih menghadapi inflasi yang cukup tinggi. Namun, kondisi ekonomi Indonesia menurutnya masih cukup kuat.

Inflasi di AS yang masih tinggi dan ekonominya kuat dipersepsikan pasar akan mengakibatkan suku bunga tetap tinggi. Dengan demikian, banyak investor menarik modal asingnya dari negara-negara berkembang termasuk RI ke AS.

Baca juga : Kenaikan BI Rate Harus Bisa Menciptakan Penguatan Nilai Tukar Rupiah

"Mereka (Amerika Serikat) memberikan signal atau dibaca oleh market bahwa higher for longer akan terjadi dan ini yang menyebabkan banyak terjadinya capital flowing back ke AS, dollar index menguat," papar Menkeu.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo sempat menyampaikan indeks dollar menguat secara global dari 93 menjadi 106. Oleh karena itu, pemerintah menurut Menkeu akan terus melakukan pemantauan secara insentif. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat