visitaaponce.com

Gazprom Rusia Rencanakan Pengurangan Investasi karena Ekspor Anjlok

Gazprom Rusia Rencanakan Pengurangan Investasi karena Ekspor Anjlok
Peserta berjalan di depan layar besar yang menampilkan logo raksasa energi Rusia Gazprom selama Forum Gas Internasional St. Petersburg.(AFP/Olga Maltseva.)

RAKSASA energi milik negara Rusia, Gazprom, Kamis (23/11) mengatakan pihaknya berencana memangkas belanja investasi hingga seperlima pada tahun depan. Itu dilakukan di tengah berkurangnya aliran gas ke Eropa dan beban pajak yang berat.

Sejak Rusia melancarkan serangannya ke Ukraina pada Februari 2022, negara-negara Eropa secara tajam mengurangi impor gas dari Rusia dalam upaya mengekang kemampuan Moskow mendanai konflik tersebut. Kremlin mengandalkan pendapatan ekspor minyak dan gas untuk mendanai serangannya di Ukraina dan tahun lalu mengumumkan penaikan pajak besar-besaran terhadap industri tersebut untuk menutupi anggarannya.

Meskipun mengalihkan sebagian ekspornya ke Tiongkok dan Turki, Gazprom memangkas produksi gasnya hingga seperempatnya pada paruh pertama tahun ini karena perusahaan tersebut berjuang menutupi hilangnya penjualan.

Baca juga : Gazprom Rusia Nyatakan Force Majeure ke Pembeli Gas Eropa

Program investasinya untuk tahun depan, yang digunakan untuk proyek-proyek energi dan infrastruktur, akan turun sekitar 20% tahun ke tahun menjadi 1,57 triliun rubel (US$17,8 miliar), kata perusahaan itu. "Rencana keuangan yang disetujui akan memastikan Gazprom menutupi kewajibannya tanpa defisit dan secara penuh," katanya dalam suatu pernyataan.

"Kerugian Gazprom bisa mencapai 1 triliun rubel pada 2025 karena beban pajak yang lebih berat," kata anggota parlemen dari partai yang berkuasa, Pavel Zavalny, memperingatkan awal bulan ini.

Perusahaan membukukan laba sebesar 296 miliar rubel pada paruh pertama tahun ini. Sebagian kecil dari laba, 2,5 triliun rubel, diperoleh pada paruh pertama 2022. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat