visitaaponce.com

Taspen dan Korpri Hadirkan Program Jaminan Sosial ASN

Taspen dan Korpri Hadirkan Program Jaminan Sosial ASN
Acara Puncak (Apel & Apresiasi Seni) HUT Korpri di Jakarta, Rabu (29/11).(Dokpri.)

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) bersinergi dengan Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) untuk terus menyediakan Program Jaminan Sosial bagi kesejahteraan ASN. Keduanya berkomitmen selalu meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas yang akan memudahkan ASN dalam mendapatkan manfaat dari program utama maupun tematik khusus Taspen. 

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas mengatakan Korpri harus menjadi bagian dari penggerak kinerja birokrasi agar pembangunan berbagai program terlaksana dengan baik dan berdampak positif bagi masyarakat. "Korpri diharapkan menjawab tantangan zaman dengan memperkuat kompetensi digital dan budaya digital pada seluruh ASN serta membentuk layanan digital pemerintah secara terpadu dengan mengutamakan kebutuhan masyarakat," ujar Azwar pada Acara Puncak (Apel & Apresiasi Seni) HUT Korpri di Jakarta, Rabu (29/11).

Semangat pelayanan secara digital sejalan dengan upaya Taspen dalam melayani ASN. Dengan pengalaman selama 60 tahun di bidang jaminan sosial, BUMN tersebut menghadirkan program dan layanan yang berkualitas bagi ASN dan secara berkala melakukan inovasi melalui penerapan sistem digitalisasi dan teknologi informasi terkini guna memudahkan peserta dalam pengurusan klaim dan nonklaim. Hingga Oktober, Taspen memiliki sebanyak 57 kantor cabang, 44 mitra bayar, lebih dari 17.849 titik layanan, dan lebih dari 3 juta titik layanan digital.

Baca juga: Kemensos Klaim Tingkat Keberhasilan Program Pena 98,9%

Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN) Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan sejalan dengan yang dilakukan pemerintah, pihaknya mendorong empat program utama, yakni peningkatan kualitas pelayanan publik dan digitalisasi birokrasi, menguatkan ideologi dan karakter ASN, perlindungan karier dan bantuan hukum ASN, serta peningkatan kesejahteraan ASN. Perayaan HUT ke-52 Korpri mengangkat tema Korprikan Indonesia. Melalui tema ini diharapkan seluruh ASN di Indonesia, baik di kantor pusat maupun pada daerah, dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan demi masa depan Indonesia Maju. 

Direktur Operasional Taspen Ariyandi mengimbuhkan pihaknya selalu hadir untuk ASN Indonesia dengan empat program, antara lain Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Tabungan Hari Tua (THT), dan Program Pensiun. "Seluruh layanan ini hadir untuk memastikan kesejahteraan ASN di Indonesia terjamin, sejak menjabat sebagai ASN aktif hingga memasuki masa pensiun," tutur Ariyandi. 

Baca juga: Amortisasi Adalah: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Bedanya dengan Depresiasi

Dengan menghadirkan inovasi layanan dan program berbasis digital, pihaknya berupaya mendekatkan diri dengan peserta, salah satunya melalui aplikasi Taspen One Hour Online Service (TOOS). Selain itu, Taspen memudahkan ASN untuk mendapatkan rumah pertama melalui Program ASN Housing. Perusahaan juga memiliki Program Wirausaha Pintar yang dapat meningkatkan kesejahteraan pensiunan ASN. 

Sinergi Taspen bersama Korpri melalui beberapa program diharapkan meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan ASN di Indonesia selama mengabdi kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kerja sama itu dapat meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan ASN di seluruh Indonesia. Dengan total sebanyak 6,74 juta peserta Taspen, sekitar 3,68 juta peserta ASN aktif dan 3,06 juta peserta pensiunan. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat